DECEMBER 9, 2022
Karier

Tips Karir Harus Diikuti oleh Fresh Graduate untuk Menentukan Pekerjaan Masa Depan

image
Tips karir menentukan pekerjaan bagi fresh graduate (UNSPLASH/Tim Gouw)

LIFESTYLEABC.COM - Terdapat beberapa fresh graduate untuk para fresh graduate yang sering merasa kebingungan untuk menentukan pekerjaan yang akan dilakukan setelah lulus.

Karena itulah para fresh graduate membutuhkan saran dan tips karir yang menyediakan beberapa pilihan pekerjaan masa depan yang bisa dilakukan setelah lulus.

Dengan mengikuti tips karir ini, akan membuat para fresh graduate mempunyai lebih banyak pilihan yang bisa diikuti dan tidak terbatas pada satu pekerjaan setelah lulus dari universitas.

Baca Juga: Tips Karir Tentang Tanda Anda akan Segera Dipecat dari Kantor dan Pekerjaan

Tentunya tips karir ini juga akan mendukung para fresh graduate untuk mendapatkan pekerjaan yang sudah dicita-citakan dan diimpikan sejak lama.

Berikut ini adalah beberapa tips karir yang bisa diikuti bagi para fresh graduate untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan:

1. Konsultasi dengan senior

Baca Juga: Tips Karir dan Tanda Anda belum Mempunyai Mental Sukses untuk Berkarya

Menentukan pilihan pekerjaan di masa depan bukan hal yang mudah untuk ditentukan sendiri, untuk itulah Anda membutuhkan bantuan dari pihak ketiga.

Salah satu pihak ketiga yang bisa Anda mintai bantuan adalah senior baik yang masih menjalani magang atau yang sudah lulus dan mulai bekerja kantoran maupun secara mandiri.

Dengan bertukar pikiran dengan para senior ini akan membantu Anda mendapatkan inspirasi menentukan pekerjaan yang ingin dicapai setelah lulus dari universitas.

Baca Juga: Tips Karir untuk Mendapat Penghasilan dan Klien dengan Membuat Situs Website

2. Ikuti banyak proses magang

Selain berkonsultasi dengan senior, langkah berikutnya untuk menentukan pekerjaan bagi fresh graduate adalah mengikuti program magang di beberapa perusahaan.

Dengan mengikuti program magang di beberapa perusahaan berbeda, Anda bisa merasakan pengalaman bekerja sama dengan rekan serta mengerjakan berbagai projek sebagai portofolio.

Semakin banyak program magang yang diikuti semakin banyak pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan beserta dengan menseleksi kemungkinan terbesar tujuan jangka panjang setelah lulus.

3. Tekuni satu bidang pekerjaan

Jika sudah mulai memutuskan pekerjaan yang ingin dilakukan, Anda bisa menekuni pekerjaan tersebut sedini mungkin agar mempertebal portofolio dengan pengalaman yang relevan.

Jika Anda bahkan belum yakin dengan pekerjaan yang ingin ditekuni, tidak ada salahnya untuk mencoba lebih dulu hanya sebagai pengalaman dan menambah relasi.

Sekiranya merasa kurang cocok, Anda bisa mengundurkan diri dalam beberapa bulan ke depan dan mencatatkan pekerjaan sebelumnya sebagai portofolio yang menambah pengalaman berharga di mata HRD.***

Berita Terkait