DECEMBER 9, 2022
Karier

Tips Karir untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving selama Kerja di Kantor

image
Tips karir untuk meningkatkan Problem Solving saat kerja di kantor (UNSPLASH/Vitaly Gariev)

LIFESTYLEABC.COM - Problem Solving menjadi satu skill penting selama bekerja di kantor dan wajib menjadi salah satu tips karir yang harus dikuasai oleh karyawan.

Namun untuk meningkatkan kemampuan Problem Solving ini membutuhkan tips karir dan latihan yang cukup panjang beriringan dengan waktu kerja di kantor.

Jika mampu menerapkan tips karir ini, Anda bisa menguasai kemampuan Problem Solving untuk memecahkan masalah yang setiap saat bisa ditemui selama kerja di kantor.

Baca Juga: Tips Karir Menghadapi Rekan Kerja di Kantor yang Mendominasi Diskusi

Bukan tidak mungkin jika mempunyai kemampuan Problem Solving yang baik, Anda bisa mencapai jabatan yang lebih tinggi saat kerja di kantor karena mempunyai performa yang baik.

Berikut ini adalah tips karir yang bisa diikuti untuk meningkatkan kemampuan Problem Solving untuk pemecahan masalah saat kerja di kantor yang wajib Anda kuasai:

1. Identitfikasi masalah

Baca Juga: Tips Karir Meningkatkan Sikap Teliti saat Kerja di Kantor, jadi Andalan Rekan

Kunci dari penguasaan Problem Solving mampu mengidentifikasi masalah dengan baik yang pastinya bisa terjadi setiap saat kerja di kantor yang harus diselesaikan dalam waktu yang cepat.

Problem Solving atau mengidentitikasi masalah bisa dimulai dengan merinci persoalan yang sedang Anda hadapi saat kerja di kantor baik bersama rekan kerja dan atasan.

Jika bisa mengidentifikasi masalah dengan baik, Anda bisa menemukan solusi terbaik selama kerja di kantor yang menjadi pembuktian jika Anda menguasai Problem Solving.

Baca Juga: Tips Karir untuk Menolak Tawaran Lowongan Kerja dari Teman Dekat

2. Konsultasi dengan orang lain

Jika merasa kesulitan memecahkan masalah, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak lain untuk menemukan solusi dari persoalan yang sedang dihadapi.

Tentu pihak yang Anda ajak untuk berkonsultasi adalah seseorang yang berpengalaman dalam bidang yang bersangkutan dengan permasalahan yang dihadapi.

Setelah mengambil intisari dari saran yang diberikan, Anda bisa mencontoh sikap kritis dari pihak yang diajak berkonsultasi untuk menyempurnakan kemampuan Problem Solving.

3. Menyusun rencana

Pemecahan dan Problem Solving yang baik bisa diakhiri dengan menyusun rencana dengan baik dan teliti terutama selama kerja di kantor yang harus diperhatikan dengan baik.

Dalam susunan rencana, Anda bisa menuliskan rangkaian masalah yang dihadapi, pilihan solusi yang tersedia hingga pilihan akhir yang diambil.

Jangan lupa Anda harus mengevaluasi hasil kerja yang dieksekusi untuk menyempurnakan langkah ke depan dan mengantisipasi masalah yang kembali bisa terjadi.

Kemampuan Problem Solving akan semakin berkembang saat Anda membaca buku yang berhubungan dengan industri atau pekerjaan yang ditekuni.***

Berita Terkait