DECEMBER 9, 2022
Selebriti

Festival Film Internasional dan Pemenangnya di Tahun 2024, Salah Satunya Venice Festival Film

image
Daftar festival film internasional beserta pemenangnya salah satunya adalah Venice Festival Film (Youtube/Sony Pictures Classic)

LIFESTYLEABC.COM - Di dalam dunia festival film, ada sebutan yang sudah familiar yaitu Big Five. Kata tersebut mengarah pada lima festival film yang paling bergengsi dan berpengaruh di dunia salah satu nama yang sering didengar adalah Venice Film Festival. 

Pada setiap tahun, film yang jadi pemenang dari festival-festival Big Five akan jadi barometer baru sinema seperti yang dilakukan Venice Festival Film. 

Kelima nama festival film bertaraf internasional ini adalah Venice Film Festival, Cannes Film Festival, Berlinale, Toronto International Film Festival, dan Sundance Film Festival. 

Baca Juga: Daftar Film Non Inggris yang Diprediksi Berebut Piala Oscar 2025

Kelima festival ini dinobatkan sebagai Big Five karena sejarah penyelenggaraannya dan kualitas kurasinya yang terkenal. 

Di balik film yang terpilih sebagai pemenang, tentunya ada maksud dan tujuan tersendiri. Ini dia film-film yang menjadi pemenang dalam 5 festival besar tersebut: 

1. Venice Film Festival-Golden Lion: The Room Next Door

Baca Juga: Matt Revees Konfirmasi Penulisan Naskah Sekuel Film The Batman Sudah Rampung, Ini Dia Jadwal Syutingnya

Acara Venice Film Festival ini digelar dari 28 Agustus sampai 7 September 2024. Festival Film ini yang tertua dan sudah menjadi salah satu yang paling prestisius ini kembali menampilkan karya-karya terbaiknya yang siap mencuri perhatian industri film internasional. Salah satu yang paling di sorot adalah pemenang Golden Lion. Film ini mengeksplorasi kompleksitas hubungan manusia saat seorang perempuan tengah merawat sahabatnya yang sedang sekarat. 

2. Cannes Film Festival-Palme d'Or: Anora

Cannes Film Festival sudah di gelar pada tanggal 14-25 Mei 2024. Pada tahun ini hadiah tertinggi di festival tersebut, di borong oleh film drama komedi bertajuk Anora besutan sutradara Sean Baker. Menurut Greta Gerwig, sutradara sekaligus presiden juri Cannes 2024 menilai bahwa Anora adalah film manusiawi yang sangat memikat penontonnya, karena film ini mengingatkan penonton pada karya-karya klasik yang menggugah. 

Baca Juga: Aktor Norman Reedus Diperkirakan Menjadi Pemeran Knull dalam Sinopsis film Venom the Last Dance

3. Berlinela-Golden Bear: Dahomey

Festival Film Internasional Berlin adalah festival film tahunan yang di adakan di Belin, Jerman dari tanggal 15-25 Februari 2024. Pada tahun ini yang memenangkan Golden Bear yaitu film karya dari sutradara Mati Diop yang berjudul Dahomey. 

4. Toronto Internasional Film Festival - People's Choice Award: The Life of Chuck

Toronto International Film Festival ini sudah digelar pada 5-15 September 2024. TIFF adalah salah satu festival film terbesar yang ada di dunia dan acara ini berlangsung di Toronto, Kanada. Tahun ini pemenang kategori tersebut adalah The Life of Chuck karya dari sutradara Mike Flanagan. 

5. Sundance Film Festival Grand Prize Jury: In The Summers

Sundance Film Festival sudah di gelar pada tanggal 18-28 Januari 2024, dan tahun ini film yang meraih penghargaan tertinggi Grand Prize Jury adalah In The Summers. Film asal Amerika-Meksiko ini film drama semi otobiografi karya dari sutradara Alessandra Lacorazza Samudio. 

Berikut adalah daftar 5 festival film teratas yang ada di dunia, yang terkenal karena prestise, kemewahan, dan berpengaruh terhadap industri film***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait