DECEMBER 9, 2022
Karier

Tips Karir dan Alasan tidak perlu Terlalu Sopan pada Rekan Kerja atau Atasan di Kantor, bisa Dimanfaatkan

image
Bberapa alasan Anda tidak harus bersikap sopan pada rekan kerja atau atasan di kantor (UNSPLASH/krakenimages)

LIFESTYLEABC.COM - Bersikap sopan kepada rekan kerja dan atasan tentu merupakan keharusan selama bekerja di kantor namun perlu mengetahui batasannya.

Anda tidak perlu bersikap terlalu sopan kepada rekan kerja dan atasan selama bekerja di kantor disebabkan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan orang lain yang bukan tanggung jawab Anda.

Sesekali Anda juga harus bisa bersikap tegas dan berpendirian kepada sesama rekan kerja termasuk kepada atasan selama masih menjadi karyawan tetap di kantor.

Baca Juga: Tips Karir dan Hal-Hal yang harus Diperhatikan sebelum Switch Career agar tidak Gagal di Tengah Jalan

Hal ini dikarenakan bersikap tegas pada saat-saat tertentu juga bisa memberikan batasan kepada rekan kerja dan atasan Anda dalam memberikan pekerjaan selama di kantor.

Berikut ini adalah beberapa alasan Anda tidak perlu bersikap terlalu sopan selama bekerja di kantor kepada sesama rekan kerja dan atasan:

1. Sulit menolak permintaan

Baca Juga: Tips Karir dan Detail yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Portofolio Sebelum Melamar Kerja

Jika Anda terlalu penurut dan menerima segala perintah dari rekan kerja atau atasan di kantor akan membuat Anda mudah dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan berlebihan.

Terlalu sering dimanfaatkan seperti ini akan membuat Anda merasa tidak elok menolak permintaan atau perintah dari rekan kerja dan atasan Anda meskipun bukan tanggung jawab Anda.

Anda bisa menolak dengan tegas perintah atau permintaan dari rekan kerja dan atasan Anda jika seandainya tidak bisa melakukan pekerjaan yang diberikan terlalu banyak dan tidak wajar.

Baca Juga: Tips Karir yang harus Diterapkan untuk Menghindari Konflik dengan Rekan Kerja di Kantor

2. Menyembunyikan masalah

Masalah lain yang bisa timbul jika Anda bersikap terlalu sopan pada rekan kerja atau atasan Anda adalah sering menyembunyikan masalah atau perasaan seorang diri.

Anda tidak bisa menyampaikan saran maupun kritik kepada rekan kerja selama bekerja di kantor disebabkan sudah sering dimanfaatkan bahkan jadi pesuruh yang penurut dan tidak berani menolak.

3. Menghindari perbedaan pendapat

Bagi orang yang terlalu penurut dan sopan menghadapi konflik adalah hal yang harus dilakukan agar hidupnya terhindar dari segala masalah dan bisa tetap nyaman.

Padahal Anda juga perlu menyampaikan pendapat Anda selama bekerja di kantor untuk kepentingan diri sendiri agar tidak selalu dimanfaatkan demi kepentingan orang lain.***

Berita Terkait