DECEMBER 9, 2022
Traveling

Rekomendasi Destinasi Wisata yang Berlokasi di Kota Lama Surabaya yang harus Anda Kunjungi saat Liburan

image
Lokasi destinasi wisata yang berada di Kota Lama Surabaya yang bisa dikunjungi saat liburan (UNSPLASH/Alex Padurariu)

LIFESTYLEABC.COM - Kota lama Surabaya termasuk dalam daerah di Provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak destinasi wisatawan dan sering dikunjungi turis saat hari liburan tiba.

Tidak hanya memberikan pengalaman liburan menyenangkan, destinasi wisata yang berlokasi di Kota Lama Surabaya ini juga menyediakan wisata bersejarah yang memberikan pengetahuan baru.

Sebelum memasuki lokasi destinasi wisata, Anda bisa melihat desain bangunan di Kota Lama Surbaya memiliki bangunan yang khas kolonial Belanda dan menambah pengalaman liburan menyenangkan.

Baca Juga: Destinasi Wisata Pemandian Air Panas yang Berlokasi Di Kota Semarang, Cocok Rilekskan Otot Tubuh yang lelah

Karena destinasi wisata yang berlokasi di Kota Lama Surabaya ini menjadi saksi bisu pertempuran pejuang kemerdekaan ketika pasukan Belanda dan Inggris menyerbu Kota Pahlawan ini.

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Kota Lama Surabaya ketika hari liburan bersama keluarga:

1. Gedung Internatio

Baca Juga: Destinasi Wisata Cantik di Kota Malang dan tidak kalah Indah dari Pulau Bali

Tidak jauh dari Jembatan Merah, terdapat salah satu gedung bersejarah bernama Gedung Internatio atau dahulu digunakan sebagai kantor Internationale Crediet-en Handels-Vereeniging "Rotterdam". Bahkan, gedung tersebut merupakan saksi bisu dari peristiwa 10 November 1945 saat warga Indonesia melawan tentara penjajah dan tewasnya Brigadir Jenderal Mallaby.

Kini, Gedung Internacio dapat dikunjungi oleh pengunjung secara gratis. Menariknya, bangunan bertingkat tiga tersebut memiliki kesan unik sekaligus mewah yang kerap dijadikan sebagai gedung pertemuan maupun acara lainnya oleh masyarakat.

2. Pos Bloc Surabaya

Baca Juga: Destinasi Wisata Papua yang Menawarkan Keindahan Alam Tiada Tara dan harus Dikunjungi

Terletak di Jalan Kebon Rojo, Kecamatan Krembangan, Pos Bloc Surabaya adalah ruang kreatif yang akan datang di jantung Kota Surabaya, yang menghubungkan seni dan budaya dengan masyarakat melalui pendidikan, partisipasi, dan pengembangan ekonomi untuk masyarakat sekitar.

Pos Bloc berfungsi sebagai tempat berkumpulnya para pelaku kreatif lokal untuk berkolaborasi dan menawarkan beragam aktivitas artistik. Di sini, masyarakat dapat berkunjung secara gratis untuk menikmati sejumlah pameran yang dihadirkan oleh pengelola setempat, salah satunya pameran memorial mantan presiden pertama RI Soekarno.

3. Toerwagen Kota Lama Surabaya

Sebelum mengunjungi zona Eropa di kawasan Kota Lama Surabaya, ada baiknya pengunjung menyewa wisata tur Toerwagen atau wisata mengelilingi Kota Lama dengan mobil listrik khusus yang telah disediakan pemerintah setempat.

Dengan harga sewa Toerwagen sebesar Rp20 ribu per orang, pengunjung dapat mengelilingi luasnya kawasan Kota Lama Surabaya dalam waktu singkat, mulai dari Jembatan Merah, Gedung Internatio, dan spot wisata menarik lainnya. Nantinya, akan ada seorang pemandu wisata yang  membantu pengunjung saat menjelajahi kawasan Kota Lama.***

Sumber: Antara

Berita Terkait