DECEMBER 9, 2022
News

Tips Mengajarkan Pola Makan Sehat pada Anak dengan Menyenangkan dan Menjaga Kesehatan Tubuh

image
Cara memperkenalkan pola makan sehat pada anak untuk menjaga kesehatan tubuh (UNSPLASH/Kelly Sikkema)

LIFESTYLEABC.COM - Pola makan sehat adalah salah satu syarat utama menjaga kesehatan tubuh pada anak karena menjadi asupan utama yang memenuhi nutrisi pada tubuh.

Tetapi seringkali banyak orang tua yang merasa kesulitan untuk mengajarkan pola makan sehat pada ank guna menjaga kesehatan tubuh yang masih rentan terkena penyakit tertentu.

Untuk menangkal masalah ini, para orang tua bisa mempraktikan beberapa tips untuk mengajarkan pola makan pada anak menjaga kesehatan tubuh dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga: Menu Makanan dan Kandungannya yang Bermanfaat menurunkan Berat Badan selama Diet Sehat

Baiknya Anda mengajarkan pola makan sehat pada anak sejak usia sedini mungkin agar menghindari kemungkinan penyakit yang bisa datang disebabkan oleh makanan tertentu.

Contohnya, anak bisa terkena obesitas jika tidak diseimbangkan pola makan sehat karena terlalu banyak memakan makanan fast food dan memperburuk kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa tips mengajarkan pola makan sehat kepada anak yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh:

Baca Juga: Penjelasan Diet Mediterania bisa Lindungi Jantung Anak dan Kardiovaskular sejak Usia dini

1. Ajarkan secara perlahan

Seringkali mengajarkan pola makan sehat yang biasa didominasi sayuran kurang disukai oleh anak, maka dari itu Anda sebagai orang tua perlu bersabar menjalani proses ini.

Anda bisa menggunakan berbagai metode yang menyenangkan bagi anak untuk mengajarkan pola makan sehat sehingga tertarik untuk memakan makanan sehat dan bernutrisi.

Baca Juga: Catat, Para Penderita Diabetes Tidak Disarankan untuk Terlalu Banyak Konsumsi Buah-Buahan

2. Ajarkan macam-macam makanan sehat

Anak pastinya masih belum mengerti tentang pola makan sehat dengan pilihan dan variannya sehingga membutuhkan penjelasan dari orang tua.

Salah satu tips mengajarkan pola makan sehat kepada anak adalah dengan mengenalkan berbagai makanan bergizi dan bernutrisi tinggi dengan cara sederhana.

Anda bisa mengenalkan berbagai makanan bernutrisi tinggi kepada anak dengan buku berwarna agar anak-anak tertarik dan terbiasa menerapkan pola makan sehat sehari-hari.

3. Beri contoh

Seperti yang sudah diketahui banyak orang jika, anak adalah peniru handal yang mencontoh berbagai sikap dan karakter orang lain disekitarnya termasuk orang tua.

Untuk itulah Anda harus ikut menerapkan pola makan sehat agar memberi contoh pada anak agar bisa mengkonsumsi berbagai menu makanan sehat bersama-sama dan tambah menyenangkan.

Dengan mengajarkan pola makan sehat ini, bukan hanya bermanfaat bagi anak sendiri melainkan untuk para orang tua yang ikut mengkonsumsi berbagai makanan bernutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh.***

Berita Terkait