DECEMBER 9, 2022
News

Dampak Buruk Terlalu Banyak Meminum Kopi bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Insomnia

image
Dampak buruk terlalu banyak meminum kopi untuk kesehatan tubuh (UNSPLASH/Lexi Anderson)

LIFESTYLEABC.COM - Meminum kopi sering dilakukan banyak orang untuk menangkal rasa kantuk di malam hari ketika masih harus bekerja tanpa disadari berdampak buruk untuk kesehatan tubuh.

Salah satu dampak buruk untuk kesehatan tubuh ketika terlalu banyak meminum kopi adalah mengalami insomnia alias gangguan tidur yang bisa berlanjut pada resiko penyakit lain.

Kendati menjadi penangkal rasa kantuk, kopi juga bisa memberikan dampak buruk lainnya untuk kesehatan tubuh yang harus diperhatikan dan membatasi meminum minuman ini.

Baca Juga: Berkenalan dengan Jenis Kopi Putih Beserta Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Dibanding meminum kopi, Anda bisa melakukan aktivitas lain untuk melawan rasa kantuk dengan cara lebih sehat tanpa berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa dampak buruk dari terlalu banyak meminum kopi untuk kesehatan tubuh:

1. Masalah pencernaan

Baca Juga: Tips Mengajarkan Pola Makan Sehat pada Anak dengan Menyenangkan dan Menjaga Kesehatan Tubuh

Jika Anda merasa pencernaan tidak begitu sehat maka bisa jadi itu disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi minuman kopi setiap harinya dan menjadi tanda untuk mengurangi aktivitas ini.

Hal ini disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan produksi asam lambung meningkat dan mengakibatkan sakit perut sampai refluks asam.

Terlalu berlebihan meminum kopi juga bisa menyebabkan percepatan pergerakan usus dan mengakibatkan diare dan menjadi pertanda buruk untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Kebiasaan Minum Kopi Sehari-Hari yang Berdampak Buruk untuk Kesehatan Ginjal

2. Insomnia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika salah satu tujuan banyak orang meminum kopi adalah untuk mengurangi rasa kantuk yang ujungnya bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh.

Karena dengan meminum terlalu banyak kopi bisa memblokir adenosin, yakni zat kimia di otak yang membuat diri sendiri mengara kantuk ketika malam hari.

Jika terlalu banyak meminum kopi maka bisa menghalangi adenosin ini dan mengurangi jam tidur Anda yang berujung pada pengurangan produktivitas hingga kelelahan kronis.

3. Penyakit jantung

Kemungkinan resiko lain kesehatan tubuh terancam dengan meminum minuman kopi adalah terkena penyakit jantung karena adanya kandungan kafein di dalamnya.

Dengan adanya kafein di dalam minuman kopi dapat memicu aritmia atau detak jantung tidak teratur meskipun tidak terjadi pada setiap orang.

Dengan membatasi meminum kopi, Anda bisa meningkatkan kesehatan jantung dan kesehatan tubuh tanpa khawatir tentang masa depan di usia tua.***

Berita Terkait