DECEMBER 9, 2022
News

Macam-Macam Tanda Anda Terlalu Banyak Minum Kopi dan Kafein, Salah satunya Peningkatan Detak Jantung

image
Efek samping terlalu banyak konsumsi kopi dan kafein untuk kesehatan tubuh (UNSPLASH/Andrew Welch)

LIFESTYLEABC.COM - Kopi memang menjadi salah satu pilihan minuman yang sering dibuat di rumah karena cara pembuatannya yang mudah dan cepat serta rasanya yang lezat.

Namun tanpa disadari, terlalu banyak meminum kopi juga bisa berdampak buruk pada kesehatan jantung karena terlalu banyak menenggak kafein ke dalam tubuh.

Jika terlalu banyak meminum kopi ini bisa menunjukan tanda-tanda tertentu sebagai awal kesehatan tubuh yang memburuk dan menjadi peringatan Anda perlu membatasi meminum kafein.

Baca Juga: Berkenalan dengan Jenis Kopi Putih Beserta Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Bagi orang dewasa sendiri batas maksimal meminum kopi atau kafein sebanyak 400 miligram atau setara dengan 5 cangkir untuk satu hari yang jika dikonsumsi lebih dari ini bisa menimbulkan efek samping.

Berikut ini adalah tanda-tanda Anda terlalu banyak mengkonsumsi minuman kopi yang menjadi awal menurunnya kesehatan tubuh yang perlu diperhatikan:

1. Peningkatan detak jantung

Baca Juga: Kebiasaan Minum Kopi Sehari-Hari yang Berdampak Buruk untuk Kesehatan Ginjal

Setiap sistem kekuatan kerja tubuh pada masing-masing individu bisa berbeda-beda dan batas maksimal meminum kopi bagi setiap orang pun bisa berbeda takarannya.

Namun peningkatan atau cepatnya detak jantung bisa menjadi peringatan dari tubuh jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi kafein pada minuman kopi.

Salah satu kemungkinan penyebab meningkatnya detak jantung bisa disebabkan karena adanya alergi kafein pada minuman kopi yang tidak bisa ditanggung oleh jantung.

Baca Juga: Dampak Buruk Terlalu Banyak Meminum Kopi bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Insomnia

2. Banyak buang air kecil

Jika Anda merasa terlalu banyak keluar masuk kamar mandi untuk buang air kecil maka itu bisa jadi tanda Anda terlalu banyak meminum minuman kopi.

Hal ini disebabkan karena tubuh menerima terlalu banyak kandungan kafein yang menyebabkan peningkatan buang air kecil yang signifikan.

Di samping itu, terlalu banyak meminum kopi juga dapat menyebabkan inkontinensia pada seseorang dengan kandung kemih yang sehat.

3. Cepat merasa lelah

Jika terlalu banyak konsumsi kopi untuk menangkal rasa lelah justru bisa berdampak balik pada stamina untuk beraktivitas sehari-hari.

Dengan terlalu banyak konsumsi kopi bisa mengurangi jam tidur dan menyebabkan berkurangnya stamina di pagi hari karena berkurangnya jam istirahat di malam hari.

Memang tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi kopi, namun perlu dibatasi seusai dengan kebutuhan tubuh agar tetap sehat dan bisa beraktivitas dengan normal.***

Berita Terkait