DECEMBER 9, 2022
Traveling

Lokasi Destinasi Wisata Museum yang ada di Yogyakarta, Tambah Pengetahuan saat Liburan

image
Rekomendasi destinasi wisata museum di Yogyakarta untuk dikunjungi saat liburan (UNPLASH/Dennie Jing)

LIFESTYLEABC.COM - Yogyakarta selain dikenal sebagai Kota pelajar juga dikenal dengan beberapa destinasi wisata museum yang akan menambah ilmu pengetahuan pengunjungnya saat liburan.

Dengan mengunjungi destinasi wisata museum yang berlokasi di Yogyakarta ini, para pengunjung bisa mempelajari peristiwa sejarah di masa lalu sembar menghabiskan waktu liburan.

Namun untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di Yogyakarta ini, wisatawan perlu membayar tiket masuk per orang yang dibagi menjadi kategori dewasa dan anak-anak.

Baca Juga: Wajib masuk Kunjungan Liburan, Daftar Lokasi Destinasi Wisata Pantai di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

Meskipun begitu tiket masuk dari destinasi wisata museum yang berlokasi di Yogyakarta ini masih sangat terjangkau untuk Anda dapatkan saat liburan.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata museum yang berlokasi di Yogyakarta untuk Anda kunjungi saat liburan bersama keluarga:

1. Museum Sonobudoyo

Baca Juga: Destinasi Wisata Cantik di Kota Malang dan tidak kalah Indah dari Pulau Bali

Diresmikan pada tahun 1934 oleh Sultan Hamengkubuwono VIII, ketika itu masih zaman pendudukan Jepang, destinasi wisata museum Sonobudoyo ini memiliki berbagai koleksi sejarah.

Mulai dari arkeologi, etnografi hingga teknologi yang totalnya berjumlah 62.000 koleksi yang membuat museum Sonobudoyo ini menjadi rekomendasi destinasi wisata museum urutan pertama.

Destinasi wisata museum pada museum Sonoboudyo di Yogyakarta ini juga sudah bertransformasi ke ranah digital dengan menampilkan pertunjukan wayang digital, bioskop sejarah hingga olahraga panahan tradisi kerjaan Mataram dengan menggunakan VR.

Baca Juga: Daftar Destinasi Wisata yang Berlokasi di Jepang, Jadi Perjalanan Liburan Tidak Terlupakan

2. Museum kereta keraton Yogyakarta

Destinasi wisata museum bernama Museum Kereta Keraton Yogyakarta ini sudah berganti nama menjadi Museum Wahanarata dan sejumlah transformasi untuk menarik pengunjung.

Berdiri sejak masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono VII, destinasi wisata museum Wahanarata ini memiliki koleksi 21 kereta pusaka keraton untuk dilihat pengunjung.

Destinasi wisata museum Wahanarata juga menawarkan fasilitas teknologi baru berupa augmented reality (AR) photobooth. Fasilitas ini memungkinkan pengunjung berfoto di depan layar besar yang akan menggabungkan potretmu dengan benda maya 2D atau 3D secara realtime. Berikutnya, ada Catch and Run Games, dan Come to Life.

3. Museum Benteng Vredeburg

Menempati bekas benteng Belanda, Museum Benteng Vredeburg adalah destinasi wisata museum yang patut dikunjungi ketika musim liburan ke Yogyakarta.

Ketika mengunjungi Museum Benteng Vredeburg ini, Anda bisa melihat koleksi artefak, foto dan dokumentasi lainnya dari masa penjajahan Jepang, kemerdekaan hingga orde baru.

Tidak lupa, destinasi wisata museum ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti playground, taman, musala, toilet, ruang laktasi, dan kamar mandi. Kalau kamu membutuhkan obat ringan atau mengalami gangguan kesehatan ringan saat berkunjung, bisa menuju ruang PPPK. Gak ketinggalan perpustakaan bagi yang dilengkapi komputer, WiFi, dan AC.

Anda tidak perlu khawatir karena untuk masuk ke destinasi wisata museum ini hanya perlu membayar tiket Rp20-30.000.***

Berita Terkait