DECEMBER 9, 2022
Kuliner

Bahan dan Resep Dimsum Ayam Udang, Hidangan Camilan Khas Jepang untuk Mengisi Perut

image
Resep dimsum ayam udang sebagai menu camilan khas Jepang favorit (UNSPLASH/Chinh De Luc)

LIFESTYLEABC.COM - Banyak camilan khas Jepang yang bisa dibuat di rumah dengan cara yang cukup mudah dan cepat, salah satunya adalah resep dimsum ayam udang.

 Resep dimsum ayam udang adalah salah satu menu camilan khas Jepang selain Mochi yang mempunyai rasa khas dan bisa dijadikan makanan di waktu sore hari.

Dengan gabungan daging ayam dan udang di dalamnya, resep dimsum ayam udang yang merupakan camilan khas Jepang mempunyai rasa akan membuat Anda ketagihan pada setiap gigitannya.

Baca Juga: Bahan dan Resep Makanan Chicken Spicy Honey Crispy, Hidangan Pedas Campur Manis yang Lezat

Untuk membuat resep dimsum ayam udang ini hanya membutuhkan bahan-bahan yang cukup mudah dikumpulkan dan dapat menjadi pilihan camilan khas Jepang yang lezat untuk disantap kapanpun diinginkan.

Berikut ini adalah beberapa bahan yang harus Anda kumpulkan untuk membuat resep dimsum ayam udang yang menjadi camilan khas Jepang untuk disantap saat sore hari:

1. 300 gram daging ayam fillet, cincang halus

Baca Juga: Bahan dan Resep Camilan Strawberry Shortcake, Hidangan Mudah dan Cepat untuk Disantap saat Santai

2. 200 gram udang kupas, cincang halus

3. 2 siung bawang putih, haluskan

4. 1 butir telur

Baca Juga: Bahan dan Resep Makanan Nasi Gongso Ayam Suwir, Menu Hidangan Makan Malam Beda Bersama Keluarga

5. 3 sdm tepung tapioka

6. 2 sdm tepung terigu

7. 2 sdm minyak wijen

8. 1 sdm saus tiram

9. 1 sdm kecap asin

10. 1 sdm gula pasir

11. 1 sdt garam

12. 1 sdt merica bubuk

13. 1 batang daun bawang, iris tipis

14. Kulit pangsit secukupnya

Setelah selesai mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan, Anda bisa mulai membuat resep dimsum ayam udahg seperti dapat diikuti di bawah ini:

1. Mulailah dengan mencincang daging ayam fillet dan udang kupas hingga benar-benar halus terlebih dahulu. Berikutnya kamu bisa mencampurkan kedua bahan isian dimsum tersebut dalam wadah besar. Tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan, kemudian aduk isian dimsum ayam udang hingga merata. Masukkan telur ke dalam adonan dimsum ayam udang, kemudian aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan baik.

2. Setelah itu, tambahkan tepung tapioka dan tepung terigu ke dalam campuran isian dimsum ayam udang. Aduk hingga semua bahan menyatu dan tekstur adonan dimsum ayam udang menjadi lebih kental. Untuk memberikan rasa isian dimsum ayam udang yang lebih lezat, tuangkan minyak wijen, saus tiram, kecap asin, gula pasir, garam, dan merica bubuk. Aduk kembali hingga semua bumbu tercampur merata ke dalam adonan dimsum ayam udang.

3. Kemudian, irisan daun bawang dapat dimasukkan ke dalam adonan isian dimsum ayam udang dan diaduk perlahan. Ambil selembar kulit pangsit, letakkan satu sendok adonan dimsum ayam udang di tengahnya, lalu lipat kulit pangsit sesuai bentuk dimsum. Ulangi langkah ini sampai seluruh adonan isian untuk dimsum ayam udang benar-benar habis.

4. Siapkan kukusan dimsum milikmu dan panaskan air hingga mendidih. Tempatkan dimsum ayam udang yang sudah dibentuk di dalam kukusan yang telah dialasi dengan daun pisang atau kertas roti agar tidak lengket. Kukus dimsum ayam udang sekiranya 20-25 menit atau hingga dimsum matang sempurna. Agar dimsum ayam udang matang merata, pastikan kukusan ditutup rapat dan hindari sering membuka tutupnya. Setelah matang, angkat dimsum ayam udang dari kukusan dan sajikan selagi hangat. Dimsum ayam udang akan lebih nikmat jika disajikan dengan saus dimsum atau saus cocolan favorit seperti mentai atau chili oil.

Cara membuatnya yang cukup simple dan cepa, tidak heran jika resep dimsum ayam udang menjadi menu camilan khas Jepang favorit setiap keluarga di saat santai.***

Berita Terkait