DECEMBER 9, 2022
Traveling

Berbagai Kegiatan Seru yang bisa Dilakukan saat Liburan dan Berkunjung ke Gunung Bromo

image
Kegiatan yang bisa dilakukan di Gunung Bromo saat liburan (UNSPLASH/Hustiani Salma)

LIFESTYLEABC.COM - Gunung Bromo sudah lama dikenal sebagai salah satu tujuan destinasi wisata yang banyak dikunjungi saat hari liburan tiba karena pemandangannya yang indah.

Karena menjadi destinasi wisata favorit di Indonesia, banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan saat mengunjungi Gunung Bromo selama liburan bersama keluarga.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan selama liburan dan mengunjungi Gunung Bromo ini, Anda bisa melihat surga tersembunyi yang ada di destinasi wisata berlokasi di Jawa Timur ini.

Baca Juga: Tips Travel Yang Harus Diketahui Tentang Peraturan Saat Berkunjung Ke Negara Turki, Harus Paham Isyarat Tangan

Salah satu keunggulan Gunung Bromo sebagai destinasi wisata favorit di Indonesia adalah dapat menyaksikan matahari terbit dengan pemandangan yang begitu cantik dan memukau.

Selain itu, Gunung Bromo juga dikenal memiliki pemandangan cantik dengan pasir yang menjadi ciri khasnya yang banyak dikunjungi turis ketika menikmati hari liburan.

Berikut ini adalah kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan saat mengunjungi Gunung Bromo selama hari liburan:

Baca Juga: Kelebihan Melakukan Solo Traveling dan Mengunjungi Berbagai Destinasi Wisata sendiri dibanding Berkelompok

1. Berkuda

Dengan luas 800 km, kegiatan mengelilingi Gunung Bromo akan semakin menyenangkan dengan menaiki kuda yang bisa disewa dan menjadi aktivitas utama yang dilakukan saat liburan.

Kuda yang ada pada Gunung Bromo ini dirawat oleh Suku Tengger dan bisa dikendarai sendiri jika sudah berpengalaman atau ditemani oleh instruktur.

Baca Juga: Tips Traveling dan Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Liburan ke Vietnam

Pilihan lain yang bisa Anda jajal untuk menjelajahi Gunung Bromo ketika menikmati hari liburan adalah dengan menaiki mobil jeep dan mengagumi keindahan alam Jawa Timur.

2. Mengunjungi Suku Tengger

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika kuda yang disewa oleh Suku Tengger yang tinggal dan mendiami lokasi destinasi wisata Gunung Bromo.

Ketika mengunjungi Gunung Bromo, kegiatan liburan bersama keluarga akan semakin menyenangkan dengan berinteraksi dengan Suku Tengger secara langsung.

Suku Tengger tinggal di Desa Ngandas atau Ngadisari yang menerima kunjungan turis setiap saat dengan ramah sembari bisa menyaksikan pemandangan alam yang mengagumkan.

Selain Desa Ngadas, Anda juga bisa mengunjungi Desa Cemoro Lawang yang masih berlokasi di Gunung Bromo dan bertempat di ketinggian 2.200 mdpl.

Dengan ketinggian ini, Anda bisa menyaksikan keindahan pemandangan alam Gunung Bromo dari ketinggian secara luas dan menjadi momen liburan tidak terlupakan.

3. Mengunjungi Pura Luhur Poten 

Suku Tengger juga rajin beribadah di Pura Luhur Poten yang masih berlokasi di Gunung Bromo dan menjadi tempat ibadah yang sakral dan harus ikut dihormati pengunjung.

Pura Luhur Poten ini menjadi tempat sakral dan suci bagi Suku Tengger karena menjadi tempat ibadah pemujaan Dewa Brahma dan menjadi tempat kediaman Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Selain berfoto dan mengelilingi pura, banyak turis yang ikut beribadah di Pura Luhur Poten dan menjadi momen liburan sekaligus beridabah yang menambah keunikan dari destinasi wisata ini.

Jika ingin menyaksikan matahari terbit, Anda bisa mendaki Gunung Batok atau Gunung Semeru atau Gunung Bromo yang saling berdekatan.***

Berita Terkait