DECEMBER 9, 2022
Karier

Tips yang Harus Diperhatikan Siswa SMA Sebelum Memilih Jurusan Universitas

image
Kesalahan memilih jurusan Universitas yang dilakukan siswa SMA setelah lulus akan mempengaruhi karir di masa depan (kemendikbud.go.id)

LIFESTYLEABC.COM - Bagi siswa dan siswi SMA/SMK/MA dan sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi harus mulai mempersiapkan diri. Salah satunya adalah menentukan jurusan kuliah atau program studi yang akan ditempuh. Jangan sampai salah pilih, sebab penentuan jurusan universitas akan menentukan profesi atau pekerjaan setelah selesai kuliah. 

Karena ini penting, salah memilih jurusan Universitas bisa membuat seorang mahasiswa tidak menikmati masa kuliah, tidak fokus pada materi perkuliahan, dan akan berujung malas saat berkuliah nantinya. 

Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan siswa SMA setelah lulus, salah satunya adalah minat dan bakat. Memilih jurusan universitas yang sesuai dengan minat dan bakatmu, akan membantumu lebih mudah dan lebih senang belajar, serta membuatmu lebih termotivasi dalam mengejar karir di masa depan. 

Baca Juga: Tips Karir membangun Hubungan Baik dengan Junior selama Kerja di Kantor

Tentunya dalam menentukan jurusan universitas ini akan menentukan masa depan karir bagi siswa SMA yang akan menjadi bekal utama untuk memasuki dunia industri kerja.

Berikut ini beberapa cara untuk memilih jurusan universitas bagi siswa SMA yang baru lulus dan akan menjadi calon mahasiswa baru: 

1. Kenali Minat dan Bakat:
Sebelum itu, bagi seorang pelajar penting untuk mengetahui minat dan bakat diri sendiri. karena ini bisa mempermudah kamu dalam memilih jurusan di perkuliahan. 

Baca Juga: Fresh Graduate Harus Tahu, Tips Karir untuk Mengetahui Lowongan Kerja yang Ternyata Penipuan

2. Pertimbangkan Prospek Karir:
Perhatikan juga prospek karir untuk di masa depan. Untuk beberapa jurusan memiliki peluang kerja yang lebih luas atau stabil dibandingkan dengan yang lain. 

3. Diskusi dengan Orang Lain: 
Bicarakan dengan orang tua, guru, atau kakak kelas yang sudah berpengalaman. Mereka bisa memberikan perspektif yang berbeda. 

4. Lakukan Tes Bakat dan Minat:
Tes bakat dan minat yang ditawarkan oleh sekolah atau lembaga pendidikan lainnya dapat memberikan wawasan tambahan tentang jurusan yang sesuai dengan minatmu. 

Baca Juga: Tips Karir untuk Menolak Tawaran Lowongan Kerja dari Teman Dekat

5. Pertimbangkan Universitas dan Lokasi:
Kenali kualitas atau reputasi dan akreditasi dari setiap universitas yang akan kamu pilih. Pertimbangkan juga lokasi kampusnya. Kalau kampusnya berada di luar wilayah tempat tinggal, maka harus mempertimbangkan biaya kos dan biaya hidup. 

Memilih jurusan kuliah adalah salah satu keputusan terbesar yang akan kamu buat setelah lulus SMA. Keputusan ini tidak hanya akan menentukan perjalanan akademis kamu selama beberapa tahun ke depan, tetapi juga dapat mempengaruhi karier dan masa depan kamu secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, penting untuk meluangkan waktu dan mempertimbangkan berbagai faktor sebelum menentukan pilihan. Sehingga, pilihlah dengan hati-hati dan bijaksana.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Sumber: kemendikbud.go.id

Berita Terkait