DECEMBER 9, 2022
News

Musik bisa menjadi alat terapi bagi yang memiliki gangguan mental dan emosional yang tidak stabil

image
Terapi musik bagi seseorang dengan kesehatan mental yang buruk (Pexels.com/Daniel Reche)

LIFESTYLEABC.COM - Kesehatan mental adalah bagian yang sangat penting bagi kesehatan dan ketenangan seseorang secara menyeluruh dan musik memberi pengaruh penting dalam kehidupan sehari-hari.

Kesehatan Mental yang berkualitas pada diri sendiri dapat berpengaruh pada jiwa. Jika kesehatan mental baik, otomatis psikis dan emosional kita pun ikutan bagus, dan begitupun sebaliknya.

Untuk mencapai kondisi kesehatan mental yang baik ini, instrumen musik bisa menjadi sarana untuk memberikan pengaruh positif pada kesehatan jiwa.

Baca Juga: Cukup Dengan Memakan Buah-Buahan Dapat Mencegah Depresi Ketika Masa Usia Senja

Kesehatan mental merupakan kondisi dimana individu memiliki kesejahteraan yang tampak dari dirinya yang mampu menyadari potensinya sendiri, memiliki kemampuan untuk mengatasi tekanan hidup normal pada berbagai situasi dalam kehidupan, mampu bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya.

Gejala dari terjadinya kesehatan mental pada seseorang biasanya karena stress yang berlebihan, tuntutan dari lingkungannya, tekanan bantin, korban bullying, mengalami trauma yang signifikan, dll. 

Masalah kesehatan jiwa telah menjadi masalah kesehatan yang belum terselesaikan di tengah-tengah masyarakat, baik di tingkat global maupun nasional.

Baca Juga: Catat, Para Penderita Diabetes Tidak Disarankan untuk Terlalu Banyak Konsumsi Buah-Buahan

Berikut ini cara penanganan untuk orang yang mengidap gangguan kesehatan mental, yaitu: Psikoterapi, Rehabilitasi dan Musik. Kenapa musik juga termasuk?

Menurut Yusnia Rahmawati Andina, Amd.Kep, Musik merupakan alat yang bisa merelaksasikan pikiran serta hiburan yang dapat mengubah suasana hati. Lantunan dan irama yang berasal dari musik dapat mengurangi gejala depresi, menurunkan tekanan darah, hingga menurunkan rasa cemas yang berlebihan.

Lewat terapi musik kita bisa sambil beraktivitas seperti bernyanyi, menari sambil mengikuti iramanya atau bisa juga membuat musik. Musik memiliki kemampuan unik yang merangsang bagian otak secara simultan.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dalam Buah Semangka yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Dari musik yang kita dengar juga, bisa membantu kita untuk mengekspresikan perasaan yang lagi pendam.
Seperti dilansir Healthline, musik disebut memiliki kekuatan untuk meningkatkan dan menstabilkan kesehatan fisik, mental, serta emosi seseorang.

Sementara menurut Very Well, musik tidak hanya sekadar menginspirasi dan menghibur saja, tetapi punya efek psikologis yang berpotensi mempengaruhi kesehatan mental seseorang. 

Menurut beberapa dokter dan para ahli, terapi musik seperti ini dianggap efektif karena musik tidak hanya mempengaruhi pikiran saja tetapi juga tubuh kita. Contohnya disaat kita sedang cemas, mendengarkan musik yang temponya lembut dapat membantu mengalihkan pikiran dari sumber kecemasan tersebut.

Karena di masa sekarang ini, berpikir positif dan menjaga kesehatan menjadi perhatian paling utama. Jika kita sudah merasa pusing atau badmood, coba dengarkan musik favoritmu. 

Selain untuk kesehatan mental dan psikologis, musik dapat menjadi teman pengantar tidur.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Sumber: kemenkes.go.id

Berita Terkait