DECEMBER 9, 2022
Kuliner

Bermacam-Macam Kuliner Khas Kabupaten Cirebon, Pedas Sampai Manis Lengkap

image
Kuliner yang ada di Kabupaten Cirebon untuk dicicipi (cirebonkota.go.id)

LIFESTYLEABC.COM - Berbicara tentang Kabupaten Cirebon, bukan hanya kekayaan sejarah dan budayanya saja yang patut untuk ditelusuri, namun juga keunikan kuliner yang akan menggugah selera. 

Terletak di pesisir utara Pulau Jawa, Cirebon telah lama menjadi titik transit penting bagi para pedagang dan pelaut dari seluruh dunia. Transformasi budaya terkait perdagangan menciptakan beragam kuliner yang unik. 

Karena kota Cirebon ini merupakan tempat pertemuan berbagai budaya, termasuk Jawa, Sunda, Arab, Cina, dan Belanda, yang memiliki pengaruh besar terhadap kuliner lokal. 

Baca Juga: Bahan dan Resep Kue Bolu Pelangi, Pilihan Membuat Kue Ulang Tahun Lezat untuk Si Kecil

Mulai dari hidangan santan hingga camilan pedas dan manis, Cirebon menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi pecinta kuliner yang sudah datang dari berbagai daerah.

Berikut ini beberapa rekomendasi kuliner khas dari Kabupaten Cirebonyang wajib dicoba: 

1. Empal Gentong

Baca Juga: Bahan dan Resep Makanan Korean Spicy Beef Bulgogi, Hidangan Pedas Kuliner Khas Korea Selatan

Salah satu makanan paling terkenal di Cirebon, empal gentong adalah sejenis gulai yang dimasak dalam gentong tanah liat. Daging sapinya direbus dalam kuah santan dengan tambahan bumbu untuk memberikan rasa yang kaya dan lezat. 

2. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang merupakan hidangan nasi  yang disajikan di atas daun jati dengan berbagai lauk pauk. Lauk pauknya antara lain semur, sate kentang, perkedel, tahu, tempe, dan masih banyak lagi. Daun jati memberi aroma khas pada nasi ini. 

Baca Juga: Bahan dan Resep Jamaican Jerk Chicken, Hidangan Menu Kuliner Khas Jamaika untuk Dicoba

3. Tahu Gejrot

Jajanan atau makanan ringan Cirebon yang terkenal ini terdiri dari tahu goreng yang dipotong kecil-kecil dan di atasnya diberi kuah asin manis yang dicampur gula merah, bawang putih, bawang merah, cabai, dan asam jawa. 

4. Mie Koclok 

Mie koclok adalah masakan mie yang terbuat dari santan kental dan mengandung bahan-bahan seperti ayam, telur, tauge, dan kubis. Kuahnya yang beraroma dan nikmat menjadi salah satu makanan yang wajib dicoba di Cirebon. 

5. Docang

Docang terkenal akan perannya yang pernah dijadikan senjata untuk meracuni Walisongo. Namun saat ini sejarah tersebut seakan telah terlupakan oleh zaman dan menjadikan menu ini populer di kalangan masyarakat. Docang adalah sajian tradisional berupa lontong yang disajikan dengan sayur oncom, tauge, daun singkong, kerupuk, dan parutan kelapa yang disiram dengan kuah santan pedas. Rasa gurih dan sedikit pedas membuat docang menjadi hidangan sarapan favorit. 

Masakan khas Cirebon memang autentik dan akan memuaskan selera kamu. Banyak orang yang ingin mengunjungi dan mencobanya secara langsung. Usai menyantap lezatnya makanan Cirebon, kamu tidak hanya merasa kenyang, tapi juga enak. Membuat kamu kangen rasanya dan akan kembali ke Cirebon sekedar untuk mencicipi hidangan khas dengan cita rasa yang tak terlupakan.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait