DECEMBER 9, 2022
Kuliner

Tips Mengkonsumsi Ikan Salmon Tanpa Bau Amis Dengan Cita Rasa Bintang 5

image
Cara hilangkan bau amis ketika membuat ikan salmon (UNSPLASH/Caroline Attwood)

LIFESTYLEABC.COM - Ikan salmon identik digunakan sebagai bahan dasar untuk hidangan mewah, karena pada umumnya lebih mudah ditemukan di berbagai restoran. Makanan khas restoran bintang lima ini juga mempunyai beberapa manfaat untuk tubuh.

Memasak ikan salmon tidak semudah yang dibayangkan. Karena tekstur pada ikan salmon cenderung lunak atau gampang hancur dibanding dengan ikan yang lainnya. Selain itu, ikan salmon juga memiliki aroma bau amis yang susah hilang.

Tetapi sebelum itu, pilihlah ikan salmon yang segar dan tidak bau amis. Jika kalian berniat membeli ikan salmon secara utuh, matanya harus cerah dan jernih, kulitnya harus berwarna keperakan, berkilau, dan tahan terhadap sentuhan.

Baca Juga: Bahan dan Resep Makanan Korean Spicy Beef Bulgogi, Hidangan Pedas Kuliner Khas Korea Selatan

Inilah tips-tips yang dapat kamu lakukan sebelum memasak ikan salmon agar tidak bau amis:

1. Membaluri dengan cuka putih

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengusir bau amis pada ikan salmon adalah dengan menggunakan cuka putih tetapi tanpa menghilangkan cita rasa uniknya. Caranya cukup di baluri keseluruh bagian ikan salmon dengan cuka putih secukupnya, lalu di bilas dengan air mengalir.

Baca Juga: Bahan dan Resep Jamaican Jerk Chicken, Hidangan Menu Kuliner Khas Jamaika untuk Dicoba

2. Mengunakan jahe sebagai marinasi

Jahe sudah dikenal sebagai bahan alami untuk menghilangkan aroma amis. Caranya cukup mudah, gepreklah jahe agar aroma dan kandungan di dalamnya dapat keluar sempurna.

3. Perasan air jeruk nipis

Baca Juga: Bahan dan Resep Cupcake Choclate Hokkaido, Makanan Kue Ringan untuk Camilan saat Santai

Jeruk nipis bisa digunakan sebagai bahan untuk mengusir aroma yang tidak sedap pada bahan makanan. Caranya cukup sederhana, peras terlebih dahulu jeruk nipisnya. Setelah itu kamu dapat membalurinya ke ikan salmon secara merata.

4. Daun jeruk

Daun jeruk kerap dipilih sebagai pengharum alami untuk berbagai macam olahan. Prosesnya cukup mencampurkannya dengan bumbu marinasi atau bisa dimasukkan ke dalam rendaman air saat ingin membilas ikan salmon.

5. Memasukkan irisan apel ke dalam marinasi salmon

Apel adalah salah satu bahan yang efektif untuk mengusir aroma amis pada ikan salmon. Caranya cukup dengan mengiris apel menjadi tipis. Atau mencampur irisan apel kedalam marinasi ikan salmon.

Dengan mengikuti tips-tips yang ada di atas, kamu dapat menikmati hidangan ikan salmon yang segar dan lezat tanpa terganggu aroma amis yang menyengat.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait