DECEMBER 9, 2022
News

Mengenal Prinsip yang Dipegang Teguh PMI Sebagai Organisasi Kemanusiaan

image
Prinsip PMI dalam menjalankan tugas kemanusiaan (pmimalangkota.or.id)

LIFESTYLEABC.COM - Palang Merah Indonesia PMI sebuah organisasi yang bergerak di bidang kesehatan dan terbentuk karena gerakan kesukarelaan dalam bekerja atas perikemanusiaan.

PMI merupakan organisasi kemanusiaan pertama dan terbesar di Indonesia dan sudah memiliki dasar hukum pendirian dalam Keputusan Presiden RIS Nomor 25 tanggal 16 Januari 1950 tentang penunjukkan perhimbunan PMI sebagai organisasi yang menjalankan pekerjaan Palang Merah di Republik Indonesia Serikat menurut Konvensi Jenewa. 

Dalam pembinaannya, PMI juga memiliki komponen yang disebut Palang Merah Remaja atau yang biasa kita kenal dengan PMR. PMR merupakan wadah pembinaan remaja PMI yang juga bergerak di kegiatan kemanusiaan di bidang kesehatan dan siaga bencana. 

Baca Juga: Sejarah Berdirinya PMI, Organisasi Kemanusiaan Terbesar di Indonesia

PMI memiliki 7 prinsip yang menjadi dasar gerakan mereka. Simak prinsipnya berikut ini! 

1. Kemanusiaan (Humanity)

Prinsip kemanusiaan dipegang oleh PMI untuk memberikan pertolongan pertama tanpa adanya rasisme maupun sentimen suku, ras maupun agama kepada korban bencana.

Baca Juga: Makna dan Arti Logo PMI, Berfungsi sebagai Identitas Selama Perang

Selain itu, prinsip kemanusiaan ini juga mengedepankan rasa saling pengertian, kerjasama dan perdamaian untuk sesama manusia tanpa pandang bulu. 

2. Kesamaan (Impartiality)

Prinsip ini mengutamakan tidak adanya perbedaan atau diskirminasi atas dasar kebangsaan, kesukuan, agama, kepercayaan atau pandangan politik. Prinsip ini juga bertujuan untuk meminimalisir adanya penderitaan pada manusia sesuai dengan kebutuhannya dan mendahulukan keadaan yang paling parah. 

Baca Juga: Mengenal Nama-Nama Ketua PMI dari Masa ke Masa Sebagai Organisasi Sosial Terbesar

3. Kenetralan

Prinsip selanjutnya adalah kenetralan. Yang artinya bahwa PMI tidak memihak atau menahan diri di sebuah pihak dalam permasalahan politik, agama, ras atau ideologi. Hal tersebut dikarenakan dapat mempersulit kelanjutan aktivitas PMI apabila setiap anggotanya dituntut untuk memihak dan tidak bersifat netral. 

4 Kemandirian
Prinsip ini secara umum mengartikan bahwa PMI menolak segala jenis campur tangan yang bersifat politis, ideologis atau ekonomis yang dapat membuat kinerja mereka menjadi terhalang. 

5. Kesukarelaan

Prinsip ini mengartikan bahwa para anggota PMI tidak boleh mengharapkan imbalan apapun dari pihak mana pun. Prinsip ini dilatar belakangi oleh tugas pekerjaan yang semata-mata bukan karena mengharapkan timbal balik atau bayaran, tetapi karena komitmen pribadi dan kesetiaan terhadap tujuan kemanusiaan. 

6. Kesatuan

PMI secara khusus berhubungan dengan struktur institusi dari Perhimpunan Nasional. Di negara atau tempat manapun, peraturan pemerintah yang mengakui PMI untuk membantu semua orang dan melaksanakan tugas kemanusiaan di seluruh wilayah. 

7. Kesemestaan
Prinsip ini merupakan bentuk setiap perhimpunan memiliki hak dan tanggung jawab yang sama besarnya untuk menolong sesama manusia. Selain itu, prinsip ini juga menuntut tanggung jawab secara kolektif di pihak gerakan. 

Makna dari 7 Prinsip PMI merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Prinsip tersebut seperti sebuah piramida yang bisa rusak apabila salah satu bagiannya diambil atau cacat. Prinsip tersebut saling terikat satu sama lain dan memiliki peranannya masing-masing dengan tujuan yang sama.***

Berita Terkait