DECEMBER 9, 2022
Traveling

Rekomendasi Pendakian Destinasi Wisata Gunung bagi para Pemula Dengan Lintasan Mudah Dilewati

image
Lokasi destinasi wisata gunung yang jadi favorit pendaki pemula (UNSPLASH/Matheus Bandoch)

LIFESTYLEABC.COM - Mendaki destinasi wisata gunung memang menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan bagi siapa pun yang ingin menikmati keindahan alam dari ketinggian. 

Bagi kamu yang masih pemula atau ingin merasakan pesona puncak tanpa perlu melewati jalur yang terlalu menantang, di Indonesia memiliki banyak destinasi wisata gunung dengan rute yang relatif landai atau mudah. 

Untuk kebanyakan orang yang sudah terbiasa dalam hal mendaki gunung, pasti akan memilih destinasi wisata gunung dengan jalur yang menantang, dan kondisi jalan yang terjal dengan alasan untuk memacu adrenalin. 

Baca Juga: Lokasi Destinasi Wisata Museum yang ada di Yogyakarta, Tambah Pengetahuan saat Liburan

Tetapi berbeda untuk para pendaki pemula, mereka cenderung untuk memilih gunung dengan jalur yang landai atau kondisi medan yang tidak terlalu sulit. 

Berikut 4 pilihan gunung yang memiliki jalur landai atau kondisi medan yang tidak terlalu sulit bagi pendaki pemula: 

1. Gunung Andong, Jawa Tengah

Baca Juga: Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi saat Liburan ke Thailand, Berbatasan dengan Malaysia

Gunung ini cocok untuk para pendaki pemula, walaupun memiliki ketinggian 1.726 mdpl, Gunung Andong menawarkan pengalaman mendaki yang menyenangkan. Berdasarkan situs resmi Pemerintah Kabupaten Magelang, jalur pendakian menuju puncak tidak terjal, waktu perjalanannya singkat, dan jalur perjalannya juga aman aman. Untuk menuju ke puncak Gunung Andong para pendaki bisa memilih beberapa opsi rute. 

2. Gunung Batur, Bali

Gunung Batur yang berlokasi di Bali adalah gunung yang populer untuk didaki terutama bagi pemula yang baru melakukan hiking. Dengan ketinggian sekitar 1.717 mdpl, Gunung Batur menawarkan jalur pendakian yang relatif mudah dan tidak terlalu terjal dibandingkan dengan beberapa gunung lainnya. 

Baca Juga: Destinasi Wisata yang harus Dikunjungi Ketika Liburan ke Cirebon

3. Gunung Burangrang, Jawa Barat

Gunung Burangrang memiliki ketinggian sekitar 2.050 mdpl. Memiliki jalur pendakian yang bervariasi, dengan beberapa bagian mungkin agak menantang, terutama jika dibandingkan dengan gunung-gunung dengan jalur lebih mudah seperti Gunung Andong. Untuk kamu pendaki pemula, Rute Pangheotan bisa menjadi pilihan karena memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu terjal. 

4. Gunung Papandayan, Jawa Barat

Salah satu rute yang terdapat di Gunung Papandayan dengan memiliki jalur yang landai yaitu Rute Cisurupan. Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut. 

Berikut adalah beberapa rekomendasi gunung dengan memiliki jalur yang landai bagi pendaki pemula yang bisa kalian coba. Walaupun memiliki jalur yang landai, tapi pemandangan yang di miliki tidak kalah cantik dengan gunung-gunung lain. 

Sebuah tips untuk para pendaki pemula, walaupun beberapa gunung di atas memiliki jalur pendakian yang tidak seberapa, tetap harus mempersiapkan semuanya dengan matang dan baik. Jangan pernah meremehkan jika tidak mau celaka.* 

Berita Terkait