DECEMBER 9, 2022
Traveling

Destinasi Wisata Kota Tua Paling Hits Dikunjungi di Berbagai Daerah Indonesia

image
Rekomendasi destinasi wisata Kota Tua di berbagai daerah Indonesia (Pixabay.com/Denysabri)

LIFESTYLEABC.COM - Destinasi Kota Tua di Indonesia adalah saksi bisu dari perjalanan sejarah panjang bangsa ini. Berbagai bangunan kuno yang berdiri megah di kawasan ini menggambarkan masa lalu kolonial yang masih terasa hingga hari ini. 

Dengan arsitektur khas Eropa yang berpadu dengan unsur lokal, destinasi Kota Tua banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah Indonesia yang juga menawarkan pengetahuan sejarah. 

Pengunjung yang melangkahkan kaki di jalan-jalan batunya seolah dibawa kembali ke masa lampau, merasakan atmosfer kota tua yang penuh cerita. Destinasi wisata Kota Tua bukan sekadar destinasi, tetapi ruang hidup bagi jejak sejarah Indonesia yang terus berdetak hingga kini. 

Baca Juga: Daftar Destinasi Wisata yang Berlokasi di Jepang, Jadi Perjalanan Liburan Tidak Terlupakan

Destinasi wisata ini menyimpan banyak cerita sejarah, bentuk arsitektur bangunannya, hingga cerita masyarakat lokal. Namun, saat ini kebanyakan orang hanya tahu kawasan kota tua di Semarang dan Jakarta saja. 

Simak destinasi wisata kota tua berikut ini yang belum banyak orang tahu: 

1. Kota Tua Ampenan

Baca Juga: Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi saat Liburan ke Thailand, Berbatasan dengan Malaysia

Kota tua Ampenan berada di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Kawasan ini identik dengan bangunan cagar budayanya yang memiliki gaya arsitektur Belanda. Jika kalian lagi berkunjung ke Kota Mataram, selain datang ke Kota Tua Ampenan dapat berkunjung ke beberapa kampung yang berada di sekitar kawasan ini juga, yakni Kampung Tionghoa, Kampung Jawa, dan Kampung Bugis yang sangat rukun satu sama lain. 

2. Kota Tua Lasem

Saat berkunjung ke Rembang, Jawa Tengah, kalian tidak boleh melewatkan Kota Tua Lasem. Kawasan ini sempat mendapatkan julukan China Kecil, kawasan yang sudah ada sejak zaman dahulu ini memiliki bangunan yang identik dengan akulturasi budaya gaya China dan Jawa. Selain itu, di Kota Tua Lasem juga terdapat kelenteng yang masih berdiri tegak sampai dengan saat ini meskipun dibangun sejak abad ke-16, yakni Kelenteng Cu An Kiong. 

Baca Juga: Rekomendasi Pendakian Destinasi Wisata Gunung bagi para Pemula Dengan Lintasan Mudah Dilewati

3. Nagari Pariangan

Di Kota Padang, Sumatra Barat memiliki kawasan kota tua yang bernama Nagari Pariangan. Kawasan kota tua ini juga tidak kalah indah dari yang lainnya. Berbeda dengan daerah lain, kawasan Nagari Pariangan identik dengan rumah gadang khas Sumatra Barat dan pemandangan sawah yang memanjakan mata. Di tempat ini, wisatawan juga dapat menjumpai masjid tertua di Padang yang dibangun pada abad ke-19, yaitu Masjid Ishlah. 

4. Kawasan Sekanak

Kawasan Sekanak berada di Palembang, Sumatra Selatan, yang menggambarkan Kota Palembang pada zaman dahulu. Di tempat ini kalian bisa menyaksikan ratusan bangunan tua bersejarah yang ikonik. Salah satu di antara gedung-gedung itu adalah Gedung Jacobson van den Berg yang pada saat itu menjadi kantor perusahaan perdagangan milik Belanda. 

5. Kota Singkawang

Wisata kota tua di dalam negeri yang juga harus masuk dalam daftar wisata kota-kota tua di Indonesia adalah Singkawang. Karena di tempat ini banyak peninggalan arkeologi yang kental dengan budaya China. Tidak hanya itu, rumah-rumah China yang terdapat di situ juga menjadi pemandangan tersendiri karena sudah ada dari tahun 1901. 

Berita Terkait