DECEMBER 9, 2022
News

Nama Buah-Buahan yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

image
Buah-buahan yang baik dikonsumsi penderita diabetes (Pixabay/silviarita)

LIFESTYLEABC.COM - Setiap buah-buahan mengandung gula alami yang disebut fruktosa atau dikenal juga dengan gula buah yang ikut berpengaruh pada kondisi penderita diabetes.

Fruktosa pada buah-buahan secara alami lebih manis dibandingkan sukrosa dan glukosa, namun tidak menyebabkan lonjakan gula darah walaupun dengan takaran yang sama yang bermanfaat bagi penderita diabetes.

Penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi buah-buahan karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, meskipun buah-buahan memiliki rasa yang manis.

Baca Juga: Menu Buah-Buahan yang bisa Dikonsumsi selama Diet Sehat untuk dapat Berat Badan Ideal

Penderita diabetes harus selalu berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsinya, terutama jika mengandung karbohidrat.

Berikut ini beberapa buah yang baik untuk di konsumsi bagi penderita diabetes:

1. Apel

Baca Juga: Catat, Para Penderita Diabetes Tidak Disarankan untuk Terlalu Banyak Konsumsi Buah-Buahan

Buah apel mempunyai kandungan vitamin A, vitamin C, serat yang tinggi, kalsium, zat besi dan indeks glikemik yang rendah. Kandungan apel ini bisa mencegah kadar gula darah yang dapat meningkat secara drastis satu waktu. Sebaiknya makan apel tanpa dikupas karena kulit apel mengandung banyak nutrisi dan antioksidan.

2. Anggur

Anggur merupakan buah yang baik untuk penderita diabetes, karena dapat menurunkan gula darah. Anggur juga kaya akan antioksidan pefenol, semua jenis anggur dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Di samping itu, buah anggur juga memiliki kandungan serat dan rendah kalori.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dalam Buah Semangka yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

3. Alpukat 

Kandungan lemak pada buah alpukat tidak perlu dikhawatirkan, karena tergolong lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Faktanya, makan alpukat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi keinginan untuk ngemil.

4. Pir

Kandungan flavonoid pada buah pir sangat bermanfaat dalam mencegah dan mengobati diabetes. Manfaat buah pir juga berasal dari kandungan seratnya yang membantu untuk merasa kenyang lebih lama dan membantu sistem pencernaan berjalan lebih lancar.

5. Jambu Biji

Mengonsumsi jambu biji tidak hanya baik bagi penderita demam berdarah tapi juga baik bagi penderita diabetes. Kandungan gulanya cukup rendah dan kaya akan nutrisi lain seperti vitamin A, B, C, folat, beta-karoten dan selenium yang bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Itu dia beberapa buah yang bagus untuk di konsumsi pada penderita diabetes. Sebenarnya semua jenis buah adalah kategori makanan yang baik dan bagus untuk tubuh, tetapi harus degan porsi yang wajar atau di sesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita.

Agar tetap sehat dan waspada, penderita diabetes perlu mengontrol makanan yang dikonsumsinya. Oleh karena itu, mengonsumsi buah dinilai sangat baik bagi penderita diabetes.

Usahakan konsumsi buah segar untuk dimakan, jangan memilih buah kalengan, buah kering, atau manisan buah karena di dalamnya mengandung gula tambahan dan pemanis buatan.*

Berita Terkait