DECEMBER 9, 2022
News

Mengenal Kecanggihan Sistem Smart Home, Jamin Keamanan dan Kontrol Ruangan

image
Cara kerja Smart Home System untuk keamanan dan kenyamanan setiap saat bersama keluarga (Pexels.com/Sharath G)

LIFESTYLEABC.COM - Saat ini, kehidupan kita semakin bergantung pada bantuan teknologi. Sistem otomasi rumah pintar atau lebih dikenal sebagai Smart Home System menjadi arus utama dan akan menjadi aspek penting dalam kehidupan kita. 

Smart Home System atau teknologi rumah pintar bisa diartikan sebagai pengaturan kondisi rumah di mana semua peralatan dapat dikendalikan dari jarak jauh selama terkoneksi dengan koneksi internet. Cara kerja sistem ini menggunakan perangkat jaringan yang akan tersambung ke rumah. 

Smart Home System memungkinkan pengguna dalam mengontrol fungsi-fungsi seperti akses rumah yang aman, suhu, pencahayaan, dan home theater dari jarak jauh. 

Baca Juga: Menu Buah-Buahan yang bisa Dikonsumsi selama Diet Sehat untuk dapat Berat Badan Ideal

Perangkat pintar juga bisa menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Dengan demikian, teknologi akan menjadi aspek penting dalam kehidupan di masa depan. Fitur utama dari teknologi ini adalah integrasi subsistem dan perangkat individual ke dalam satu rakitan yang dikendalikan oleh otomatisasi. 

Cara Kerja Smart Home System

Kunci pintu, televisi, termostat, CCTV, kamera, lampu bahkan peralatan seperti lemari es semuanya dapat dikontrol melalui sistem otomasi rumah yaitu sistem rumah pintar. 

Baca Juga: Cukup Dengan Memakan Buah-Buahan Dapat Mencegah Depresi Ketika Masa Usia Senja

Smart Home System dilengkapi dengan kecerdasan buatan yang memungkinkannya mempelajari jadwal pemilik rumah dan dapat melakukan penyesuaian yang diperlukan. Serta pengguna dapat membuat jadwal untuk melakukan perubahan tertentu agar sistem lebih update. 

Beberapa sistem rumah pintar akan memperingatkan pemilik rumah jika ada pergerakan terdeteksi di dalam rumah saat penghuninya pergi. 

Sementara sistem lain dapat menghubungi pihak berwenang seperti polisi atau pemadam kebakaran jika terjadi situasi yang akan datang. 

Baca Juga: Nama Buah-Buahan yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Keamanan dan efisiensi adalah alasan utama meningkatnya penggunaan sistem rumah pintar. Karena sistem rumah pintar lebih mudah dipasang secara nirkabel. 

MarketWatch menjelaskan bahwa di dunia, sistem rumah pintar Amerika Serikat, jumlah rumah tangga yang aktif menggunakan diperkirakan akan mencapai 77 juta pengguna pada tahun 2025. 

Hiburan Video pintar dan  speaker pintar saat ini merupakan komponen terbesar dari teknologi sistem rumah pintar, diikuti oleh sistem keamanan rumah dan layanan pengawasan atau sistem pemantauan. Teknologi  speaker pintar telah sepenuhnya merambah di pasar Amerika Serikat. 

Memasang teknologi smart home system, tentu saja tidak ada bedanya dengan penggunaan teknologi lainnya yang memiliki dampak positif dan negatif. Semuanya kembali dengan bagaimana perspektif dan preferensi masing-masing orang. 

Karena smart home system terhubung ke perangkat portabel, pengguna bisa mendapatkan pemberitahuan dan pembaruan tentang masalah di rumah mereka melalui smartphone atau tablet.***

Berita Terkait