DECEMBER 9, 2022
Traveling

Destinasi Wisata di Daerah Indonesia yang Terbengkalai dan Sepi Pengunjung

image
Lokasi destinasi wisata di berbagai daerah Indonesia yang tidak dikunjungi wisatawan lagi (Youtube/Larasati Channel)

LIFESTYLEABC.COM - Masih banyak tempat destinasi wisata di beberapa Indonesia yang belum terpelihara fasilitasnya.. Dulunya ramai dikunjungi banyak wisatawan, namun kini karena berjalannya waktu dan  berbagai permasalahan, tempat wisata tersebut mulai terbengkalai. 

Bahkan jika dilihat secara kasat mata, banyak destinasi wisata yang sudah beralih fungsi menjadi wisata horor di Indonesia. Oleh karena itu, banyak orang yang ragu untuk memasuki destinasi wisata ini. 

Ada berbagai kemungkinan yang menyebabkan menurunnya jumlah wisatawan. Mulai dari kurangnya perawatan, persaingan dengan destinasi wisata baru, hingga tren pariwisata yang terus berubah di Indonesia.

Baca Juga: Spot dan Kegiatan Menyenangkan saat Mengunjungi Destinasi Wisata Asia Afrika Berlokasi di Kota Bandung

Akibatnya, tempat tersebut tampak sepi, bangunan-bangunan rusak dan jalanan ditumbuhi ilalang. Padahal dulunya tempat tersebut penuh canda tawa dan kegembiraan, namun kini berubah menjadi sunyi dan justru memberikan kesan misteri di mata masyarakat. 

Ini dia deretan tempat wisata yang dulunya ramai pengunjung, tapi kini sepi dan malah berubah menjadi tempat horor! 

1. Kampung Gajah

Baca Juga: Destinasi Wisata yang harus Dikunjungi Ketika Liburan ke Cirebon

Kampung Gajah Wonderland, adalah objek wisata yang berada di Kabupaten Bandung Barat ini terpaksa ditutup pada tahun 2017 karena bangkrut. Yang tersisa hanyalah kenangan akan taman hiburan yang dahulu ramai, kini menjadi reruntuhan. Objek wisata Kampung Gajah yang memiliki luas 60 hektar ini sering menjadi tujuan para penggila horor untuk mencari spot foto. 

2. Snowbay Water Park

Snowbay Water Park adalah salah satu taman air yang sudah populer sejak lama. Objek wisata ini terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Sayangnya, akibat pandemi COVID-19 dan pengambilalihan TMII secara resmi oleh pemerintah, objek wisata ini harus berhenti beroperasi. Faktanya, tempat ini dulunya sangat ramai dengan dua wahana terpopulernya: Hurricane Slide dan Cool Runnings. 

Baca Juga: Destinasi Wisata Kota Tua Paling Hits Dikunjungi di Berbagai Daerah Indonesia

3. Depok Fantasi Waterpark

Depok Fantasy Waterpark (juga dikenal sebagai Aladdin Waterpark) terpaksa ditutup karena pandemi penyakit virus corona (Covid-19). Aladdin Waterpark yang didirikan pada tahun 2008  ini selalu ramai dikunjungi. Ada banyak wahana seru, antara lain seluncuran air, air mancur, dan ember tumpah. Sayangnya, lokasi wisata ini kini dikabarkan akan dibongkar dan  diubah menjadi kompleks perumahan. 

4. Taman Remaja Surabaya

Tempat ini dulunya pernah menjadi destinasi wisata kebanggaan warga Surabaya. Terdapat 20 wahana berbeda yang dapat dinikmati pengunjung. Taman bermain yang dibuka pada tahun 1971 ini ditutup setelah kerjasama antara pemerintah daerah dengan pengelola. 

5. Taman Festival Bali

Bali Festival Park dulunya merupakan tempat populer bagi penduduk lokal dan wisatawan asing, namun kini menjadi tempat foto horor yang lebih populer. Banyaknya tanaman, tanaman merambat, dan coretan di kawasan ini menciptakan suasana istimewa namun mencekam. Lokasi dekat Pantai Sanur di Bali ini konon pernah menjadi taman festival yang populer. Festival Park dibuka hanya selama dua tahun sebelum krisis memaksa penutupannya pada tahun 1999. 

 

Berita Terkait