DECEMBER 9, 2022
Buku

Tips Mempermudah Membaca Buku Bahasa Inggris untuk Menguasai Kemampuan Bahasa Asing

image
Cara mempermudah menguasai bahasa asing dengan membaca buku bahasa Inggris (UNSPLASH/Eliott Reyna)

LIFESTYLEABC.COM - Membaca buku bahasa Inggris sudah umum dikenal sebagai cara untuk melatih kemampuan bahasa asing yang wajib dikuasai di masa saat ini.

Kemampuan biacara bahasa asing perlu dikuasai agar bisa bersaing dengan banyak pencari kerja maupun untuk berkuliah di luar negeri yang dapat diasah dengan membaca buku bahasa Inggris.

Menguasai bahasa asing dan membaca buku bahasa Inggris ini bukan hal yang mudah untuk pemula yang baru mulai belajar, dan butuh tips untuk memilih bahan bacaan yang ingin dibawa pulang.

Baca Juga: Tips Memilih Bacaan Buku Bahasa Inggris untuk Melatih Kemampuan Bahasa Asing

Dengan menguasai bahasa asing lewat membaca berbagai judul-judul buku bahasa Inggris ini akan mempermudah peningkatan karir hingga memperluas pergaulan Anda.

Di bawah ini adalah tips membaca buku bahasa Inggris yang perlu Anda perhatikan untuk menguasai bahasa asing agar bisa bersaing di dunia modern:

1. Hindari membaca buku bahasa Inggris dengan halaman tebal

Baca Juga: Tips Memilih Buku untuk Anak Sebagai Bahan Belajar Ringan dan Menyenangkan

Bagi seorang pemula yang belajar bahasa asing dengan membaca judul buku bahasa Inggris mungkin bisa terasa sulit mengerti makna dan arti dari kalimat di dalamnya.

Karena itulah Anda perlu menghindari membaca buku bahasa Inggris dengan jumlah halaman yang begitu tebal jika ingin mengasah kemampuan bahasa asing Anda.

Dengan membaca buku bahasa Inggris yang mempunyai ketebalan lebih dari 500 halaman justru akan mempersulit proses belajar bahasa asing Anda, karena sulit memahami arti setiap kalimatnya.

Baca Juga: Rekomendasi Judul Buku Bahasa Inggris bagi Penggemar dan Pendaki Gunung

Anda disarankan untuk membaca buku bahasa Inggris yang berisi cerita novel, cerita pendek, puisi atau campuran ilustrasi yang akan membantu pemahaman Anda tentang cerita yang disampaikan.

2. Ubah pola pikir tentang buku bahasa Inggris

Setiap mendengar kata membaca buku bahasa Inggris akan dibayangi pikiran tentang alur cerita dan pesan yang rumit dan memperlambat proses belajar bahasa asing Anda.

Anda perlu merubah pola pikir ini sebelum membaca buku bahasa Inggris dan jika benar-benar ingin menguasai kemampuan bahasa asing dengan baik.

Saat ini banyak judul buku bahasa Inggris dengan kosakata yang ramah untuk pemula yang baru mulai belajar bahasa asing dan artinya sendiri tidak begitu sulit untuk dipahami.

Di samping itu Anda harus menganggap kesulitan saat membaca buku bahasa Inggris adalah seni dan proses yang harus dijalani saat belajar bahasa asing.

3. Tandai bagian yang tidak dipahami

Setiap membaca buku bahasa Inggris pastinya Anda akan menemukan berbagai kosakata dan kalimat yang tidak dipahami sebagai bagian dari proses belajar bahasa asing.

Untuk mempermudah hal ini, Anda bisa menandai halaman dan paragraf dengan kalimat atau kosakata yang tidak Anda pahami saat membaca buku bahasa Inggris tersebut.

Kemudian dari bagian buku bahasa Inggris yang ditandai tersebut, Anda bisa mencari tahu artinya dengan membuka kamus dan memperkaya pengetahuan Anda tentang bahasa asing.

Proses belajar bahasa asing yang baru dikenali bisa berjalan begitu lama, karena itulah membaca buku bahasa Inggris harus dilakukan dengan perasaan menyenangkan agar tidak mudah bosan.***

Berita Terkait