DECEMBER 9, 2022
News

Penjelasan dan Cara Mengatasi Emotional Numbness Menurut Psikolog

image
Langkah mengatasi emotional numbness menurut penuturan psikolog (UNSPLASH/Danie Franco)

LIFESTYLEABC.COM - Emotional numbness menurut psikolog digambarkan sebagai perasaan yang putus asa dan hampa, baik secara fisik atau emosional dan memberikan pengaruh besar pada penderitanya.

Menurut psikolog orang yang merasakan emotional numbness biasanya mengalami anhedonia, merasa terisolasi, suka menyendiri, lebih sensitif, kesepian, bahkan merasa dirinya sudah tidak punya masa depan. 

Psikolog menyampaikan jika emotional numbness sering dikaitkan dengan stres yang tidak bisa terkelola dengan baik. Stres yang berkepanjangan bisa menyebabkan gangguan pada hormon yang mengatur suasana mood dan emosi. Faktor fisik seperti lelah akibat sejumlah aktivitas juga bisa meningkatkan risiko terjadinya emotional numbness. 

Baca Juga: Cukup Dengan Memakan Buah-Buahan Dapat Mencegah Depresi Ketika Masa Usia Senja

Cara Mengatasi Emotional Numbness:

1.  Buat Janji Temu dengan Psikolog atau Psikiater

Solusi pertama untuk mengobati emotional numbness adalah mengidentifikasi dan mengobati penyebab yang menjadi penyebab mendasar dari kondisi ini. Seorang psikolog atau psikiater dapat membantu hal ini. Mereka juga dapat memberikan rujukan ke profesional kesehatan mental yang lain. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Depresi Diawali dengan Memperbaiki Gaya Hidup Sehari-Hari

2. Minta Dukungan ke Orang Terdekat

Jika kamu kesulitan berinteraksi dengan orang lain, bisa mulai berinteraksi dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga atau pasangan. Mereka dapat membantumu menjadi lebih berani dalam hubungan sosial, dan kamu akan merasa lega setelah menceritakan apa yang terjadi. 

3. Olahraga

Hal lain yang dapat di lakukan adalah bangun dan bergerak. Olahraga seperti jogging, berenang, yoga, dan kickboxing sangat efektif mengurangi stres. Faktanya, cukup berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah dapat membuat untuk membanjiri otak dengan endorfin. Berolahraga secara teratur untuk pemulihan maksimal. 

4.  Tidur yang Cukup

Selain olahraga, tubuh juga perlu diimbangi dengan istirahat yang cukup. Dengan cara ini, pikiran dan tubuh selalu rileks. Tidur 7 hingga 9 jam setiap malam dapat membantu meningkatkan mood kalian. 

5. Fokus pada diri sendiri

Ketika sedang mengalami mati rasa secara emosional, mungkin orang yang tidak tahu dan memahami kondisimu akan melemparkan kritik ke kamu. Untuk sementara waktu, jangan di hiraukan dulu kritik dari mereka. Tapi sebaliknya, fokuslah untuk masa pemulihan dan merasakan kembali berbagai emosi seperti marah, kesal, senang atau sedih. 

Emotional numbness memang bisa diatasi. Jika merasa kondisi emotional numbness tidak kunjung membaik, Anda disarankan untuk segera berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater ahli untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Untuk mengatasi kondisi ini, biasanya psikolog atau psikiater akan menganjurkanmu untuk menjalani psikoterapi berbentuk terapi perilaku kognitif atau terapi penerimaan dan komitmen (ACT).***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait