DECEMBER 9, 2022
Fesyen

Tips Langkah Awal untuk Memulai Bisnis Fashion dengan mudah bagi Pemula

image
Langkah awal untuk memulai bisnis fashion (UNSPLASH/Clem Onojeghuo)

LIFESTYLEABC.COM - Bisnis fashion adalah salah satu industri yang cukup besar dengan peluang keuntungan yang bisa didapatkan oleh pengelolanya.

Namun tentunya untuk membangun bisnis fashion ini bukanlah hal yang mudah terutama bagi pemula yang minim pengalaman agar bisa bersaing dengan para kompetitor.

Bagi Anda yang baru berkecimpung di dunia bisnis fashion, bisa mengikuti tips di bawah agar bisa bersaing dengan kompetitor di tengah industri yang ketat.

Baca Juga: Tips Fashion bagi Pria yang bisa menggunakan Kemeja dengan Gaya Slim Fit dengan Penampilan Maskulin dan Percaya diri

Tentu tips ini membagikan langkah awal seputar perencanaan yang harus dilakukan oleh para penglola ketika ingin membangun bisnis fashion agar bisa bersaing di industri.

Berikut ini adalah beberapa tips bagi Anda yang ingin mulai membangun bisnis fashion dengan langkah mudah untuk diikuti:

1. Buat rencana yang matang

Baca Juga: Tips Fashion bagi Wanita untuk Merawat Tas agar tetap Awet dan Tahan lama setelah Dibeli

Rencana bisnis juga dapat menjadi konsep sekaligus acuan bisnis fashion yang nantinya kamu jalankan. Sama halnya dengan riset, kamu pun tak boleh membuat rencana bisnis tanpa pertimbangan. 

Adapun, rencana bisnis ini termasuk hasil riset, produk yang ingin dijual, strategi pemasaran yang kamu pakai, hingga analisis keuangan. 

Jangan lupa, masukkan pula analisis bisnis seperti potensi, kekuatan bisnis, kelemahan, dan tantangan yang nantinya akan kamu hadapi serta bagaimana solusi yang harus kamu lakukan. 

Baca Juga: Tips Fashion untuk menyusun Capsule Wardrobe guna Menghemat Pengeluaran membeli Baju baru

2. Riset pasar dan peluang

Sebagai langkah awal, pastikan kamu melakukan riset pasar untuk menentukan produk yang hendak ditawarkan. Hal ini penting agar produk tersebut bisa diterima oleh pasar. Ini karena kamu tak bisa menjual produk secara asal.  Selain itu, kamu juga tidak bisa menjual produk karena keinginan sendiri. 

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba saat melakukan riset pasar, yaitu melalui Google Trends, sosial media, dan langsung bertanya kepada konsumen. Tak hanya itu, kamu pun harus mampu mengenali target pasar dengan baik. Caranya bisa dengan melihat dari pesaing atau langsung berkomunikasi dengan calon konsumen.

 

3. Promosikan dengan cara menarik

Jangan lupa untuk terus konsisten melakukan promosi di berbagai media sosial agar produk Anda bisa diketahui oleh konsumen.

Pastikan kamu menyuguhkan visual yang menarik, buat foto dan video sejelas mungkin, dan tambahkan deskripsi produk selengkap mungkin. Dengan begitu, calon pelanggan bisa mendapatkan gambaran produk dengan tepat.

Supaya bisa menarik minat lebih banyak calon pelanggan baru, kamu bisa menambahkan penawaran lain. Misalnya, potongan harga khusus untuk awal pembukaan bisnismu. Bisa juga beli satu gratis satu atau cashback untuk jumlah belanja tertentu, atau gratis ongkos pengiriman ke daerah tertentu. ***

Berita Terkait