DECEMBER 9, 2022
Karier

Risiko Resign dari Kantor tanpa Persiapan, Berpengaruh besar pada Finansial

image
Kerugian yang bisa terjadi jika resign dari kantor pada kondisi finansial (UNSPLASH/Nick Fewings)

LIFESTYLEABC.COM - Banyak karyawan yang merasa begitu kelelahan bekerja hingga memutuskan resign dari kantor dan bisa berdampak besar pada kondisi finansial.

Jika Anda resign dari kantor tanpa persiapan sama saja membuat Anda bisa kehilangan pendapathan bulanan dan tidak bisa memenuhi kebutuhan dan berpengaruh pada finansial.

Jika tidak mempunyai penghasilan tambahan setelah resign dari kantor akan membebankan kondisi finansial yang harus memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Baca Juga: Tips Karir Menentukan Pilihan Pekerjaan Sampingan Guna Menambah Pengalaman dan Penghasilan

Ada baiknya jika ingin resign dari kantor, persiapkan terlebih dahulu beberapa bulan sebelumnya dengan menabung untuk memenuhi kebutuhan atau memulai bisnis baru ke depannya.

Berikut ini adalah beberapa risiko lain jika terburu-buru resign dari kantor yang bisa berpengaruh buruk pada kondisi Anda:

1. Mencoreng reputasi

Baca Juga: Tips Karir dan Detail yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Portofolio Sebelum Melamar Kerja

Jika terburu-buru resign dari kantor bisa memberikan kesan buruk pada reputasi Anda di mata HRD perusahaan lama maupun baru terlebih jika tanggung jawab masih belum selesai.

Resign dari kantor secara terburu-buru akan meninggalkan kesan jika Anda tidak mementingkan kebutuhan perusahaan dan hanya mengedepankan perasaan pribadi.

Jika bersikap seperti ini Anda tidak akan mempunyai kesan yang baik di mata HRD perusahaan baru ketika ingin melamar pekerjaan di kemudian hari.

Baca Juga: Tips Karir dan Pengaruh antara Creative Thinking dan Kerja di Kantor

2. Terbatas mencari pekerjaan baru

Meskipun sudah lama bekerja di perusahaan lama bukan berarti Anda bisa secepat mungkin mendapat pekerjaan baru setelah resign dari kantor yang lama.

Anda masih bisa mengalami kesulitan mendapat pekerjaan baru disebabkan banyak hal namun karena resign dari kantor secara terburu-buru akan memberikan tekanan yang lebih berat.

Ketika menginginkan pekerjaan baru secepat mungkin Anda justru bisa mendapatkan perusahaan yang menawarkan posisi lebih rendah dari kantor sebelumnya.

Anda tidak punya pilihan selain menerima tawaran ini karena harus segera mendapatkan pekerjaan meskipun tidak sesuai dengan keinginan terlebih belum tentu lingkungan kerjanya baik.

3. Memutus relasi kerja

Jika resign dari kantor secara mendadak tentu akan membuat hubungan dengan rekan kerja di perusahaan lama jadi memburuk dan bisa berdampak buruk pada karir Anda ke depan.

Bisa saja hubungan buruk ini bisa membuat Anda kehilangan relasi penting dalam dunia kerja dan industri yang Anda geluti dan kehilangan kesempatan untuk naik ke tingkat lebih tinggi.***

Berita Terkait