DECEMBER 9, 2022
News

Tips Memilih Menu Diet untuk Jaga Kesehatan dan tanpa Menjaga Berat Badan

image
Pilihan menu diet untuk jaga berat badan (Pexels.com/Jane Trang Doan)

LIFESTYLEABC.COM - Menu diet adalah sebuah pola makan yang diatur dan disesuaikan untuk mencapai tujuan tertentu, seperti menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan, atau memenuhi kebutuhan nutrisi khusus.

Menu diet bukan hanya tentang membatasi asupan makanan, tetapi juga tentang memilih makanan yang tepat sesuai kebutuhan tubuh. Selain itu, diet juga perlu disertai dengan aktivitas fisik yang cukup, tidur yang berkualitas, dan manajemen stres. 

Semua ini berperan penting dalam mencapai dan mempertahankan kesehatan yang optimal. Dan makanan atau camian yang dipilih juga harus yang rendah gula dan tinggi serat. Salah satu manfaat dari menerapkan menu diet ini dapat menjaga berat badan secara optimal dan ideal.

Baca Juga: Gaya hidup sehat Ronaldo:Menu diet dan olahraga setiap hari

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, perlu diperhatikan dari segi makanan dan camilan sehari-hari yang kita konsumsi. Tetapi, bukan berarti orang yang sedang diet tidak bisa mengkonsumsi makanan dan camilan yang di sukainya. Hanya saja kita perlu mengantinya ke bahan yang lebih sehat dan membatasinya dalam sehari.

Selama menerapkan menu diet kita juga tetap harus sarapan pagi, terkadang banyak orang yang menganggap kalau sedang diet itu tidak perlu sarapan, yang bertujuan agar berat badan kita tidak naik. 

Justru itu adalah kesalahan besar yang akan menyebabkan tubuh kita kekurangan energi untuk melakukan aktivitas seharian nantinya. Sarapan menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan sebelum beraktivitas.

Baca Juga: Menu Buah-Buahan yang bisa Dikonsumsi selama Diet Sehat untuk dapat Berat Badan Ideal

Fungsinya untuk meningkatkan konsentrasi dan menyediakan stamina guna menjalani aktivitas sehari-hari. Menu sarapan sehat tiap orang biasanya berbeda-beda.

 Beberapa dari mereka ada yang terbiasa menyantap makanan berat, seperti nasi. Sementara sebagian orang lainnya lebih suka mengonsumsi makanan ringan, seperti sereal atau roti.

Berikut ini beberapa menu makanan dan camilan sehat yang bagus untuk orang diet:

Baca Juga: Macam-Macam Jenis Diet Sehat paling Efektif untuk Mencapai Berat Badan Ideal

1. Raspberry-Peach-Mango Smoothie Bowl

Resep smoothie sehat ini bisa menjadi salah satu penganti camilan sehat untuk mereka yang sedang menjalankan program diet. Cara pembuatannya juga sangat mudah dan pastinya menggunakan bahan-bahan yang sehat pula.

2. Peanut Butter-Banana Cinnamon Toast

Makanan ini bisa menjadi menu sarapan sehat bagi seseorang yang sedang diet. Karna roti adalah salah satu karbohidrat pengganti nasi yang sehat dan bikin kenyang. Apalagi jika di tambahkan dengan toping seperti selai kacang, pisang dan taburan kayu manis untuk menambah rasa.

3. Edamame

Edamame termasuk golongan kacang-kacangan yang memiliki protein nabati terbaik. Edamame memiliki asam amino esensial yang sangat baik untuk tubuh. Mengonsumsi 155 gram edamame dapat mencukupi ⅓ kebutuhan serat dan protein harian. Kamu dapat menjadikan edamame sebagai cemilan sehat untuk diet dengan mengonsumsinya di pagi hari atau disela-sela jam makan.

Selain itu aspek penting dalam diet adalah keseimbangan dan keberlanjutan. Diet yang seimbang mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh, termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Sementara itu, diet yang berkelanjutan adalah diet yang bisa dijalani dalam jangka panjang tanpa menyebabkan stres atau masalah kesehatan.

Intinya, diet yang baik adalah diet yang disesuaikan dengan kebutuhan pribadi, tidak hanya untuk mencapai target fisik tertentu, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.*

Sumber: kemenkes.go.id

Berita Terkait