DECEMBER 9, 2022
News

Beberapa Dampak Menggunakan Smartphone Terlalu Lama pada Kesehatan Tubuh

image
Masalah kesehatan tubuh akibat terlalu lama gunakan smartphone (UNSPLASH/Gilles Lambert)

LIFESTYLEABC.COM - Dalam era digital seperti saat ini, smartphone telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Karena, dengan ponsel kita bisa dengan mudah mengakses informasi, berkomunikasi, dan hiburan dalam satu genggaman saja, namun juga berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Namun, smartphone juga bisa berdampak negatif jika digunakan secara berlebihan tanpa kita sadari. Beberapa masalah kesehatan tubuh yang bisa dirasakan seperti masalah penglihatan hingga gangguan tidur.

Penggunaan smartphone secara tidak terkendali juga dapat mengganggu kesehatan tubuh seperti merusak kualitas tidur, serta memperlemah interaksi sosial dalam kehidupan nyata.

Baca Juga: Kebiasaan Minum Kopi Sehari-Hari yang Berdampak Buruk untuk Kesehatan Ginjal

Fenomena ini menuntut kesadaran kita akan pentingnya mengatur penggunaan smartphone agar tetap seimbang dan tidak menimbulkan efek buruk jangka panjang.

Ponsel sudah menjadi ketergantungan bagi setiap orang. Tidak jarang orang terus-menerus menggunakan ponsel sampai lupa waktu. Mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur kembali.

 Bahkan banyak orang yang meletakkan ponselnya berdampingan di sebelahnya pada saat tidur. Tidur di dekat ponsel akan memberi radiasi yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga: Beberapa Penyebab Uban Muncul Meskipun baru Berusia Muda, Jadi Pertanda Kesehatan Tubuh Memburuk

Berikut ini dampak negatif dari penggunaan ponsel yang berlebihan bagi kesehatan tubuh.

1. Gangguan Penglihatan

Penggunaan ponsel yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan penglihatan. Sinar yang dipancarkan oleh layar ponsel dapat menyebabkan mata lelah dan penglihatan menjadi berbayang.

Baca Juga: Penyebab Kulit Kepala Tercium Bau Tidak Sedap, Perhatikan Masalah Kesehatan Rambut di Bawah ini

2. Sakit Kepala dan Pegal

Menggunakan ponsel yang berlebihan juga dapat menyebabkan sakit kepala dan pegal di daerah sekitar alis, pelipis, dahi, atau leher. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan menekuk kepala saat menggunakan ponsel, yang dapat memicu ketegangan otot dan menyebabkan sakit kepala.

3. Gangguan Tidur

Bisa menyebabkan insomnia dan mengganggu pola tidur. Paparan cahaya biru dari layar ponsel pada malam hari dapat menghambat kerja hormon melatonin, sehingga membuat tidur menjadi lebih sulit dan membuat badan tidak segar di pagi hari.

4. Cubital Tunnel Syndrome

Cubital tunnel syndrome terjadi karena penggunaan ponsel yang berlebihan membuat seseorang sering menekuk siku atau bertumpu pada siku. Selain itu, sinar biru (bluelight) yang dipancarkan layar ponsel dapat menahan produksi melatonin, yaitu hormon yang mengontrol siklus tidur seseorang.

5. Resiko Kanker Otak

Radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel dapat menembus tubuh manusia dan mencapai otak. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan ponsel yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker otak dan acoustic neuroma (sejenis tumor otak yang bisa menyebabkan tuli). Selain itu, radiasi ponsel juga dapat menurunkan jumlah sperma hingga 30% pada pria.

Sebagai alat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan modern, ponsel memang menawarkan berbagai manfaat. Tapi di balik itu, penggunaan ponsel secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif yang signifikan bagi kesehatan fisik, mental, dan sosial.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Sumber: ayosehat

Berita Terkait