DECEMBER 9, 2022
Kuliner

Nama Kuliner Khas Banyuwangi yang bisa Coba Dibuat di Rumah

image
Kuliner asal Banyuwangi yang wajib dicoba (Pexels.com/Fox1004)

LIFESTYLEABC.COM - Banyuwangi, kota yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, tidak hanya memikat wisatawan dengan keindahan alamnya seperti Kawah Ijen dan Pantai Pulau Merah, tetapi menyajikan berbagai kuliner yang menggugah selera.

Banyuwangi dikenal dengan berbagai kuliner yang unik dan otentik. Seperti Rujak Soto, yang menggabungkan rasa rujak dan kuah soto dalam satu mangkok, yang memberikan rasa segar dan lezat.

Beragam kuliner berasal dari Banyuwangi terkenal karena mengunakan bahan-bahan segar yang diambil langsung dari hasil alam setempat. Selain itu, kota ini memiliki banyak hasil laut berkualitas tinggi, yang menjadikan olahan seperti Pindang Koyong dan Ikan Bakar menjadi favorit banyak orang.

Baca Juga: Bahan dan Resep Es Cincau Gula Merah, Penyegar Tenggorokan di Tengah Cuaca Panas

Karena rempah-rempah dan bahannya yang cukup mudah didapatkan, kuliner khas asal Banyuwangi inipun bisa Anda coba untuk buat di rumah ketika waktu senggang.

Berikut ini rekomendasi kuliner khas Banyuwangi yang wajib kalian coba buat saat berada di rumah:

1. Pindang Koyong

Baca Juga: Bahan dan Resep Cupcake Choclate Hokkaido, Makanan Kue Ringan untuk Camilan saat Santai

Kalau biasanya makanan khas Banyuwangi bahan utamanya menggunakan ayam, berbeda dengan pindang koyong yang menggunakan ikan tongkol atau tenggiri sebagai bahan utamanya. Ikan tersebut dimasak dalam kuah bumbu kuning  dengan campuran belimbing wuluh, daun jeruk, serai, dan jahe agar menciptakan rasa yang khas.

2. Batok Tawon

Salah satu kuliner khas yang unik dan menarik adalah batok tawon, karena terbuat dari sarang tawon. Membutuhkan keahlian khusus untuk mengelolah makanan ini, agar menghasilkan rasa yang lezat.

Baca Juga: Bermacam-Macam Kuliner Khas Kabupaten Cirebon, Pedas Sampai Manis Lengkap

3. Ayam Kesrut

Bagi kalian yang pecinta pedas, ayam kesrut adalah hidangan yang cocok bagi kalian. Dengan olahan ayam  beserta kuah bening dengan rasa pedas ini masakan khas dari penduduk asli Banyuwangi, Suku Osing. Selain itu, masakan ini memiliki cita rasa yang segar karena ada campuran belimbing wuluh dan kecombrang di dalamnya.

4. Rujak Soto

Makanan unik lainnya ada rujak soto, menu tersebut identik dengan rujak bumbu petis yang dicampur sama kuah kaldu soto hasil dari rebusan daging sapi dan jeroannya. Dalam seporsi mangkoknya terdapat rujak petis, potongan jeroan sapi,ceker, kuah soto, dan potongan lontong.

5. Sego Cawuk

Makanan ini disajikan bersama kuah pindang yang kaya rempah, dan dicampur dengan berbagai bahan untuk menciptakan rasa yang istimewah. Sego cawuk juga bisa disantap dengan lauk lainnya seperti pepes, ikan, cumi, dan kikil.

Setiap makanan yang disajikan mencerminkan warisan budaya yang dijaga turun-temurun oleh masyarakat Banyuwangi.***

Berita Terkait