DECEMBER 9, 2022
News

Langkah Jalan Kaki yang Dibutuhkan Berdasarkan Usia agar bisa Menjaga Kesehatan Tubuh

image
Jumlah langkak jalan kaki yang harus ditempuh setiap usia untuk jaga kesehatan tubuh (Pixabay/MabelAmber)

LIFESTYLEABC.COM - Jalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga ringan yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, baik fisik maupun mental. Aktivitas ini bisa dilakukan oleh hampir semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia. 

Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah, berapa jarak ideal untuk jalan kaki setiap hari, terutama jika di kelompokkan berdasarkan pada usia seseorang dan meningkatkan kesehatan tubuh

Setiap kelompok usia memiliki kebutuhan dan kapasitas fisik yang berbeda-beda agar bisa menjaga kesehatan tubuh. Dengan memahami jarak ideal yang disarankan berdasarkan usia, kamu dapat mengoptimalkan manfaat dari jalan kaki. 

Baca Juga: Pilihan Meramu Daun Kelor jadi Berbagai Minuman, dari Teh Hingga Masker Wajah

Beberapa pakar kesehatan menyarankan untuk berjalan sebanyak 10.000 langkah per hari walaupun hal ini menjadi target yang kurang realistis bagi beberapa kalangan. 

Dikutip dari National Institutes of Health, penduduk Amerika sendiri biasa untuk melakukan olahraga jalan sekitar 4.000 hingga 5.000 langkah per hari. 

Berikut jarak ideal jalan kaki untuk masing-masing usia: 

Baca Juga: Rahasia dan Tips Menjaga Kecantikan ala Rania Al-Abdullah, Kepala Negara dan Ratu Yordania Berusia 54 Tahun

1. Anak-anak usia 3-5 tahun

Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat (CDC), merekomendasikan anak-anak yang berusia 3-5 tahun agar tetap aktif secara fisik sepanjang hari. Karena tidak ada target khusus untuk anak-anak di usia segitu. 

2. Anak-anak usia 6-17 tahun

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Tubuh ala Jennifer Aniston, Selebriti Cantik Hollywood di Usia 55 Tahun

Untuk anak-anak yang berusia 6-17 tahun setidaknya melakukan aktivitas fisik yang sedang sampai berat setiap hari dalam waktu 60 menit. Dan harus berjalan kaki setidaknya 3-4 kilometer per harinya. 

3. Orang dewasa usia 18-59 tahun

Sementara itu, WHO merekomendasikan jalan kaki untuk orang dewasa dilakukan selama 150 menit dalam seminggu, atau dengan waktu 30 menit perhari selama 5 hari. Hal ini sama dengan berjalan sebanyak 4-5 kilometer. 

4. Lansia usia 60 tahun

Orang-orang lansia yaitu mereka yang sudah berusia di atas 60 tahun. Untuk para lansia jarak ideal jalan kaki yang disarankan sama seperti orang dewasa, yaitu sekitar 3-4 kilometer setiap hari. 

Namun hal ini bisa disesuaikan dengan fisik dari masing-masing seseorang. Untuk kamu yang belum terbiasa dengan jalan kaki atau bagi pemula bisa dilakukan secara bertahap. 

Mulailah dengan berjalan-jalan di sekitar lingkungan tempat tinggal dengan jarak 1-2 km. Karena manfaat dari berjalan kaki bagus untuk kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait