DECEMBER 9, 2022
News

Penyebab Emotional Numbness yang Membuat Tidak Bersemangat Menjalani Hidup

image
Beberapa penyebab kondisi emotional numbness yang membuat kehilangan gairah hidup (UNSPLASH/Claudia Wolff)

LIFESTYLEABC.COM - Bagi Anda yang merasa tiba-tiba marah, sedih hingga bahagia secara tiba-tiba, bisa jadi Anda mengalami kondisi bernama mati rasa emosional atau Emotional Numbness. Ini bukan sekedar hilangnya sensasi emosional tetapi suatu keadaan di mana seseorang merasa terputus dari pengalaman emosionalnya sendiri, sehingga membuat hidup terasa datar dan tidak berarti. 

Banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa kondisi Emotional Numbness merupakan respons alami tubuh terhadap stres, trauma, atau kelelahan emosional. Ketika pikiran dan emosi seseorang sering terkena stres, mereka mungkin menjadi “mati rasa” untuk melindungi diri dari rasa sakit yang lebih besar.

Sayangnya, meski dimaksudkan untuk melindungi, emotional numbness sering kali membuat seseorang merasa lebih terisolasi, terputus dari dunia di sekitarnya, dan bahkan dari dirinya sendiri. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Depresi Diawali dengan Memperbaiki Gaya Hidup Sehari-Hari

Namun kondisi ini tidak boleh dianggap remeh. Memahami penyebab dan tanda mati rasa adalah langkah awal menuju pemulihan. Dengan pendekatan yang tepat, seperti terapi, mindfulness, dan dukungan sosial, seseorang dapat menyambung kembali emosinya dan menemukan kembali makna hidup yang hilang. 

Emotional numbness dapat diartikan sebagai proses mental dan emosional untuk menutupi perasaan atau mungkin tidak ingin mengekspresikan emosinya. Kondisi ini dapat di tunjukkan secara psikis atau fisik. Hal ini dapat menyebabkan rusaknya hubungan dengan orang lain karena pengidap akan cenderung menyembunyikan emosinya. 

Orang yang sedang mengidap kondisi tersebut akan menggunakan beberapa upaya untuk menghindari emosi mereka. Misalnya secara tidak sadar, mereka akan menghindar atau avoidance. 

Baca Juga: Wendy Walters Curhat ke Denny Sumargo Ketika Depresi Harus Minum Obat Penenang Sampai Hampir Bunuh Diri

Hal seperti ini jika tidak diobati, akan memberikan dampak yang buruk bagi diri seseorang karena bisa menyebabkan dirinya sulit berpartisipasi dalam kehidupan sosial. 

Ada beberapa alasan yang mungkin menyebabkan kamu mati rasa emosional: 

1. Kecemasan

Baca Juga: Penjelasan dan Cara Mengatasi Emotional Numbness Menurut Psikolog

Orang yang terkena gangguan kecemasan mungkin mengalami mati rasa emosional sebagai bentuk respons terhadap tingkat stres yang tinggi, ketakutan atau sifat khawatir yang berlebihan. 

2. Duka
Ketika kita sedang menghadapi kematian karena telah di tinggal duluan oleh orang tersayang, maka seseorang akan mengalami masa dimana mereka benar-benar terputus dari emosinya. 

3. Disregulasi Emosional

Mati rasa dapat menjadi bagian dari disregulasi emosional dan sering disebut sebagai bentuk disosiasi, depersonalisasi atau derealisasi yang dapat terjadi karena stres, gangguan kepribadian ambang dan kondisi lainnya. 

4. Kekerasan Mental atau Emosional
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengalami kekerasan emosional saat anak-anak cenderung mengalami disregulasi emosi, dan termasuk ke mati rasa secara emosional saat sudah dewasa. 

Emotional numbness dapat disebabkan oleh Post-traumatic stress disorder (PTSD), penggunaan obat antidepresan, dan stres yang luar biasa. Disertai gejala lain seperti hilangnya minat akan sesuatu yang disukai, rasa terisolasi, hingga kecenderungan untuk menyendiri. 

Jika kalian merasakan hal-hal tersebut dalam waktu yang lama atau sering, cepat konsultasi ke psikolog agar mendapat penanganan yang sesuai.***

Berita Terkait