DECEMBER 9, 2022
Karier

Alasan paling Umum Fresh graduate bisa Gagal Interview Kerja dengan HRD

image
Penyebab fresh graduate gagal dalam interview kerja dengan HRD (UNSPLASH/Austin Distel)

LIFESTYLEABC.COM - Pastinya setiap fresh graduate yang baru lulus kuliah ingin segera dipanggil interview kerja bersama bagian HRD perusahaan dengan baik.

Sayangnya banyak di antara fresh graduate yang gagal dalam proses interview kerja dan tidak berhasil memenangkah hati HRD perusahaan untuk merkrut Anda sebagai karyawan baru.

Dari sekian banyak interview kerja, terdapat beberapa alasan dan kesalahan paling umum dan sering terjadi pada fresh graduate dan membuat HRD tidak terkesan.

Baca Juga: Tips Karir dan Detail yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Portofolio Sebelum Melamar Kerja

Kunci memenangkan interview kerja dan mendapatkan pekerjaan baru yang diinginkan adalah harus membuat HRD terkesan selama proses interview kerja.

Namun banyak sikap dan jawaban dari para fresh graduate yang memberikan jawaban atau sikap yang membuat HRD merasa kecewa saat proses interview kerja.

Berikut ini adalah beberapa alasan fresh graduate yang menjadi penyebab gagal dalam proses interview kerja dan gagal mendapat pekerjaan baru:

Baca Juga: Tips Karir yang harus Diterapkan untuk Menghindari Konflik dengan Rekan Kerja di Kantor

1. Cara komunikasi yang buruk

Sering tidak diperhatikan saat interview kerja bersama HRD perusahaan akhirnya membuat fresh graduate dianggap tidak serius atau tidak sopan kepada calon atasannya di kantor.

Salah satu faktor yaitu bahasa tubuh yang buruk, seperti tidak melakukan kontak mata atau postur tubuh yang tidak percaya diri, bisa memberikan kesan negatif. Cobalah untuk berbicara dengan jelas dan tegas serta hindari penggunaan kata-kata filler seperti "emm" atau "uh" yang berlebihan.

Baca Juga: Tips Karir untuk Karyawan merasa Bahagia selama kerja di Kantor dengan Tugas yang Dikerjakan

2. Kurang pengalaman

Setiap perusahaan pasti ingin mendapatkan calon karyawan dari fresh graduate yang berkualitas dan mempunyai segudang pengalaman dan akan meningkatkan capaian perusahaan.

Sayangnya banyak fresh graduate tidak memiliki pengalaman sama sekali ketika memulai interview kerja dengan HRD dan tidak mempunyai nilai tambah di antara para kompetitornya yang lain.

3. Gugup

Kendati baru menghadapi interview kerja pertama kali tentu banyak fresh graduate yang bisa merasa gugup saat berhadapan dengan HRD perusahaan dan membuat banyak kesalahan.

Kesalahan selama interview kerja ini membuat beberapa fresh graduate salah memberikan jawaban atau tidak teliti memperhatikan pertanyaan HRD hingga akhirnya gagal mendapat pekerjaan.

Untuk mengurangi rasa gugup ini, Anda bisa berlatih di depan kaca rumah sambil menjawab perkiraan pertanyaan HRD atau melakukan relaksasi supaya jiwa lebih tenang.***

Berita Terkait