DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Persiapan Sebelum Melakukan Olahraga Berat demi Capai Kesehatan Tubuh Maksimal

image
Persiapan yang harus diperhatikan sebelum olahraga untuk capai kesehatan tubuh yang baik (UNSPLASH/Braden Collum)

LIFESTYLEABC.COM - Olahraga menjadi kegiatan paling efektif untuk meningkatkan kesehatan tubuh dengan banyak pilihan alternatif yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Salah satu manfaat tersembunyi dengan rajin melakukan berbagai aktivitas olahraga selain merawat kesehatan tubuh adalah juga merawat kesehatan mental dengan berinteraksi di komunitas tertentu.

Tetapi demi bisa mendapatkan manfaat terbaik dalam kegiatan olahraga untuk kebaikan kesehatan tubuh, Anda perlu memperhatikan beberapa persiapan yang tidak boleh dilewatkan.

Baca Juga: Mesin Gym untuk Olahraga Kardio Terbaik yang harus Dilakukan Guna Menjaga Kesehatan Jantung

Sebelum itu, supaya hasilnya maksimal dan sesuai dengan tujuan awal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berolahraga. Berikut penjelasannya:

1. Pemanasan yang cukup

Faktor terpenting yang harus dipersiapkan sebelum memulai olahraga adalah perlunya memperhatikan pemanasan yang cukup untuk memastikan tubuh bisa bergerak dengan baik.

Baca Juga: Liburan Sekaligus Olahraga di Kota Jakarta, Ini Dia Destinasi Wisata Climbing Gym yang bisa Anda Jajal

Fungsi lain dari pemanasan ini adalah untuk tubuh tidak mudah mengalami cidera saat olahraga, baik olahraga ringan ataupun yang berat dan bisa mendapatkan kesehatan tubuh yang maksimal.

2. Memilih pakaian yang sesuai

Meskipun terkesan tidak begitu penting, pilihan pakaian ikut menentukan kenyamanan aktivitas olahraga yang Anda lakukan terutama di ruangan terbuka.

Baca Juga: Manfaat Tersembunyi dari Olahraga bagi Kesehatan Tubuh

Dengan memilih outfit yang sesuai dan nyaman akan memastikan gerak tubuh bisa bergerak dengan leluas saat melakukan olahraga berat.

3. Mengonsumsi makanan ringan

Ada baiknya jika Anda mengkonsumsi makanan ringan sebelum melakukan aktivitas olahraga agar tidak mudah cepat merasa kelelahan dalam waktu yang singkat.

Jika tidak mengisi perut sama sekali sebelum melakukan olahraga, kemungkinan terburuknya Anda bisa pingsan karena terlalu lelah akibat olahraga yang dilakukan terlalu berat.

4. Minum cukup air

Selain makanan, asupan cairan yang cukup juga penting bagi tubuh kita sebelum melakukan olahraga yang ringan maupun berat dan harus diperhatikan.

Karena di saat kita melakukan aktivitas olahraga akan banyak mengeluarkan cairan tubuh yang akhirnya akan mengakibatkan dehidrasi berat..

5. Perhatikan kondisi kesehatan

Jika memiliki kondisi kesehatan yang spesifik atau sedang dalam pemulihan dari cedera, konsultasikan dengan dokter atau ahli kebugaran sebelum memulai program olahraga.

Jika memaksakan diri untuk melakukan olahraga dalam kondisi cedera yang belum pulih justru akan memperparah keadaan Anda.

Penting untuk diingat bahwa berolahraga secara rutin bukan hanya soal menjaga penampilan, tetapi juga tentang meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Dengan meluangkan sedikit waktu setiap hari untuk berolahraga, dapat membangun kebiasaan sehat yang berdampak positif jangka panjang.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait