DECEMBER 9, 2022
News

Daftar Negara dengan Kepintaran IQ Tertinggi di Dunia, Tidak ada Indonesia

image
Nama negara yang penduduknya memiliki kecerdasan IQ tertinggi selain Indonesia (Pixabay/geralt)

LIFESTYLEABC.COM - Dalam hal kecerdasan intelektual IQ, setiap negara di dunia memiliki keunikan dalam hal kemampuan kognitif warganya tidak terkecuali Indonesia.

Rata-rata tingkat IQ seringkali dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti sistem pendidikan, gizi, kesehatan, dan lingkungan sosial budaya yang ikut menjadi penentuan kepintaran penduduk Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, banyak penelitian dan survei telah dilakukan untuk mengukur rata-rata tingkat IQ di berbagai negara. Hasilnya adalah peringkat yang menunjukkan negara mana yang memiliki tingkat kecerdasan tertinggi, sayangnya tidak ada nama Indonesia dalam daftar ini. 

Baca Juga: Tips Menggunakan Bahan Baju untuk Hindari Bau Badan dan Tetap Percaya Diri

Menariknya, kecerdasan seseorang bisa dipengaruhi oleh genetika yang di turunkan dari orang tuanya dan perubahan iklim. Jika iklim suatu negara cenderung lebih hangat, hal ini berhubungan dengan atrofi otak. Sebaliknya, di daerah beriklim dingin dan relatif sejuk, masyarakat menjadi lebih bersemangat  melakukan hal-hal yang memengaruhi kecerdasan otaknya. 

Dilansir dari Business Day dan World Population Review, berikut ini 10 negara dengan IQ tertinggi di dunia, antara lain: 

1. Jepang

Baca Juga: Tips Memilih Bacaan Buku Bahasa Inggris untuk Melatih Kemampuan Bahasa Asing

Dalam hal skor IQ, Jepang selalu menjadi yang teratas. Rata-rata skor IQ pada Jepang adalah 106,48. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap tingginya IQ di Jepang adalah sistem pendidikan yang kuat yang menekankan disiplin, ketekunan, dan pemikiran kritis. Selain itu, masyarakat Jepang juga memperhatikan pola makan yang sehat dengan rutin mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3, vitamin, dan protein. Nutrisi ini sangat terkait dengan peningkatan IQ. 

2. Taiwan

Taiwan menghargai pendidikan, dengan menciptakan lingkungan akademik yang  kompetitif. IQ rata-rata di Negara ini yaitu 106,47. Investasi besar-besaran di bidang STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika) dan budaya yang  menghargai prestasi akademik telah memainkan peran penting dalam tingginya nilai IQ  di negara ini. Taiwan juga memastikan pendidikannya tetap inovatif dan kreatif. 

Baca Juga: Tips Karir untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving selama Kerja di Kantor

3. Singapura

Singapura, yang sering disebut sebagai  tetangga Indonesia, merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang memiliki IQ tertinggi ketiga di dunia. Rata-rata skor IQ  penduduk Singapura adalah 105,89. Singapura terkenal dengan investasinya pada pendidikan dasar, termasuk sains, teknologi, teknik, dan matematika. Pendidikan yang tepat sasaran sejak usia dini menjadi salah satu alasan utama mengapa penduduknya memiliki IQ yang tinggi. 

4. Hong Kong

Hong Kong tidak hanya terkenal karena pemandangan kotanya yang semarak dan budayanya yang menarik, namun juga karena kecerdasan luar biasa masyarakatnya. Rata-rata penduduknya memiliki IQ yang cukup tinggi, yaitu 105,37. Kualitas hidup yang baik dan gizi yang baik juga berkontribusi terhadap kecerdasan masyarakat negeri ini, yang karenanya memiliki IQ tinggi. 

5. China

Pemerintah China yang menerapkan pendidikan yang sangat kompetitif, yang otomatis membuat siswanya ikut merasakan tekanan akademis yang cukup berat. Hal ini telah menghasilkan masyarakat yang memiliki tingkat ketekunan, keuletan, dan keunggulan akademis yang tinggi, hingga China menempati peringkat ke-5 dengan rata-rata IQ 104,1. 

6. Korea Selatan

Sistem pendidikan Korea sangat kompetitif dan menekankan pada prestasi akademik dan ujian terstandar. Budaya Korea sangat mengutamakan pendidikan, didukung oleh kebijakan pemerintah yang mendorong pembelajaran dan inovasi, yang berperan penting dalam mencapai IQ tinggi negara tersebut dengan rata-rata skor 102,35.
Selain itu, sistem pendidikan ketat di negara ini mengharuskan siswa menghabiskan setidaknya 14 jam belajar setiap hari. 

Itu dia 6 daftar Negara yang memiliki tingkat kecerdasan IQ tertinggi di dunia.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait